Selasa, 07 Apr 2020 15:14 WIB

RSCM Mulai Screening Gejala Corona Pada Semua Pasien Rawat Jalan

Firdaus Anwar - detikHealth
Screening gejala corona pada pasien di RSCM RSCM perika gejala infeksi corona pada pasien yang datang berobat. (Foto: dok. RSCM)
Jakarta -

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mulai Senin (6/4/2020) memberlakukan pemeriksaan gejala virus corona COVID-19 pada pasien yang ingin berobat. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi dini kasus potensial virus corona sehingga tidak tercampur dengan pasien lain.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Pemasaran RSCM, Ananto, menjelaskan pasien yang datang kini harus menjalani screening terlebih dahulu sebelum mendaftar ke poliklinik. Bila ditemukan gejala maka pasien akan dipindahkan ke zona merah di RSCM Kiara untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut.



"Apabila dalam skrining ini tidak ditemukan panas dan infeksi saluran napas, maka pasien akan masuk menuju poliklinik yang dituju," tulis RSCM dalam siaran pers yang diterima detikcom pada Selasa (7/4/2020).

RSCM menyediakan 15 meja screening yang dibagi untuk pasien difabel, kemoterapi, dewasa, dan anak-anak. Tiap meja dijaga oleh 1-2 dokter dengan alat pelindung diri (APD) lengkap.

"Diharapkan dengan pola pemisahan pasien seperti ini akan menghindari bercampurnya pasien suspek COVID-19 dengan yang lain," lanjut RSCM.



Simak Video "COVID-19 Diprediksi Mereda Bulan Juni, Apa Kata Dokter di Lapangan?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)