Kamis, 09 Apr 2020 14:01 WIB

Penyebab Meningitis, Penyakit yang Diidap Glenn Fredly Sebelum Meninggal

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Glenn Fredly saat lounching album Hidayah Glenn Fredly meninggal karena meningitis (Foto: Gus Mun/detikHOT)
Jakarta -

Dunia musik tanah air kembali berduka, musisi Glenn Fredly telah meninggal dunia pada Rabu (8/4/2020) di RS Setia Mitra, Jakarta Selatan. Glenn meninggal karena penyakit meningitis yang dideritanya.

"Akibat meningitis," kata perwakilan keluarga, Mozes Latuihamalo, dalam keterangan resminya, Rabu (8/4/2020).

Sama seperti penyakit lainnya, ada beberapa penyebab seseorang bisa terkena meningitis. Menurut dokter bedah saraf dari RS Mayapada, dr Roslan Yusni Hasan, SpBS, penyebab infeksi meningitis atau radang selaput otak itu ada tiga yaitu virus, bakteri dan jamur.

"Karena infeksi virus, bakteri, dan jamur. Nah yang paling sering itu karena virus, tapi biasanya virus ini tidak terlalu serius, gejalanya demam tinggi tapi bisa sampai kejang-kejang," kata dr Ryu kepada detikcom, Kamis (9/4/2020).

"Ada lagi meningitis bakteri, ini jarang tapi ini lebih serius. Kalau tidak segera ditangani bisa menyebabkan kerusakan otak," lanjutnya.

Menurutnya bakteri adalah penyebab infeksi meningitis yang paling berbahaya. Karena meningitis jenis ini bisa menyebabkan kerusakan pada jaringan otak.

"Meningitis bakteri jadi meningoensefalitis, kalau meningitis itu kan selaput otaknya yang mengalami radang, kalau ensefalitis itu jaringan otaknya. Makanya biasanya jadi satu, sudah meningitis terus jadi ensefalitis," jelas dr Ryu.

"Ini yang namanya radang menyebabkan kerusakan otak, bahkan kematian," tuturnya.



Simak Video "Kata WHO Soal Kemungkinan Penularan Corona Lewat ASI"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)