Senin, 13 Apr 2020 10:08 WIB

26 ABK Positif Corona di Sulsel Mayoritas OTG, Ini Artinya

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Petugas medis mengambil sampel darah saat rapid test atau pemeriksaan cepat COVID-19 di DPP Golkar, Slipi, Jakarta, Selasa (7/4/2020). Partai Golkar menyelenggarakan rapid test COVID-19 secara gratis bagi wartawan, kader, dan masyarakat guna memastikan kesehatan dan mengantisipasi penyebaran COVID-19. ANTARA FOTO/Didik Setiawan/gp/hp. Pemeriksaan virus Corona COVID-19 dengan rapid test (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Topik Hangat Glosarium COVID-19
Jakarta -

Sebanyak 26 Anak Buah Kapal (ABK), kru KM Lambelu, dinyatakan positif virus Corona COVID-19. Hal itu diungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Selatan, dr M Ichsan Mustari.

"Besok siang, 99 orang awak akan diperiksa lagi untuk memastikan statusnya mereka. Sebab yang diidentifikasi positif ini kebanyakan mereka adalah OTG (Orang Tanpa Gejala)," kata dr Ichsan, dikutip dari Antara.

Beberapa kali, istilah OTG juga disampaikan oleh juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona COVID-19, Achmad Yurianto. Seseorang yang masuk kategori OTG tidak punya keluhan sakit, tetapi bisa saja sudah tertular dan berisiko menularkan virus.

Apa itu OTG?

Versi terbaru Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19) mendefinisikan OTG sebagai seseorang yang tidak bergejala dan memiliki risiko tertular dari orang yang terkonfirmasi COVID-19. OTG merupakan 'kontak erat' dengan kasus konfirmasi virus corona COVID-19.

Sementara itu, kontak erat didefinisikan sebagai orang-krang yang melakukan kontak fisik atau berada dalam ruangan atau berkunjung (dalam radius 1 meter dengan kasus pasien dalam pengawasan maupun konfirmasi), dalam 2 hari sebelum kasus timbul gejala, hingga 14 hari setelah kasus timbul gejala.

Siapa saja yang dikategorikan kontak dekat?

Petugas kesehatan yang memeriksa, merawat, mengantar, dan membersihkan ruangan di tempat perawatan kasus tanpa APD (Alat Pelindung Diri) sesuai standar dikategorikan sebagai kotak dekat. Selain itu, orang-orang yang pernah berada dalam satu ruangan yang sama dengan pasien positif juga termasuk kontak dekat.

Mudik naik kendaraan umum? Bila dalam kendaraan tersebut ada penumpang yang kemudian terkonfirmasi positif, maka penumpang lain juga termasuk kontak dekat.

Adakah ciri-ciri OTG yang bisa dikenali?

Sesuai definisinya yakni tanpa gejala, OTG relatif sulit untuk diidentifikasi dan ditandai. Oleh karenanya, organisasi kesehatan dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan RI telah merekomendasikan penggunaan masker bagi siapapun, dengan atau tanpa keluhan, saat keluar rumah.

Jenis masker yang dianjurkan adalah masker kain. Meski kemampuan filtrasinya tidak sebaik masker bedah dan masker N95, masker kain mampu menyaring 70 persen partikel dan bisa dipakai ulang. Syaratnya, harus sering-sering dicuci pakai sabun.

"Kita gunakan maksimal 4 jam dalam sehari dan kemudian cuci kembali dengan air sabun," saran dr Yuri.



Simak Video "WHO Sebut COVID-19 Bukan Penyakit Musiman, Tahan di Segala Cuaca"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Glosarium COVID-19