Minggu, 19 Apr 2020 05:30 WIB

12 Cara Mengobati Sakit Gigi Alami dan Ampuh Sebelum ke Dokter

Rosmha Widiyani - detikHealth
Dentist wearing eyeglasses gloves and mask examining a patient teeth with a dental probe and a mirror in a clinic box with equipment in the background 12 Cara Mengobati Sakit Gigi Alami dan Ampuh Sebelum ke Dokter (Foto: iStock)
Jakarta -

Setiap orang biasanya punya pengalaman lebih dari satu kali sakit gigi. Rasa nyut-nyutan bisa sangat mengganggu dan berdampak buruk pada aktivitas sehari-hari.

Sayangnya saat sakit gigi kadang tak bisa langsung diatasi dengan pergi ke dokter. Di saat inilah cara mengobati sakit gigi yang alami dan obat-obatan darurat diperlukan untuk meringankan rasa nyeri dan nyut-nyutan.

Berikut 10 cara mengobati sakit gigi yang alami dan ampuh sebelum pergi ke dokter:

1. Kompres es

Cara mengobati sakit gigi yang ampuh dan alami pertama adalah menggunakan kompres es. Caranya adalah es dibungkus handuk dan disentuhkan pada bagian yang membengkak akibat sakit gigi biasanya area wajah atau rahang. Kompres selama 15-20 menit biasanya mampu meringankan nyeri saat sakit gigi.

Setelah kondisi terasa lebih baik disarankan segera pergi ke dokter gigi untuk pemeriksaan lebih lanjut. Bengkak saat sakit gigi biasanya disebabkan luka, kantung nanah, atau ada masalah pada akar. Kondisi ini berisiko mengakibatkan infeksi serius yang menyebar ke gigi lain, jika tidak diperiksakan ke dokter gigi secepatnya.

2. Mengangkat kepala

Dalam beberapa kasus, mengangkat kepala efektif sebagai cara mengobati sakit gigi yang alami dan ampuh. Cara ini biasanya diterapkan saat sakit gigi menyerang di malam hari hingga menyebabkan tidak bisa tidur.

Aplikasi cara ini adalah menggunakan bantal tambahan saat hendak istirahat malam. Kepala yang terangkat mencegah peningkatan tekanan akibat darah yang mengalir ke area mulut dan kepala. Hasilnya rasa sakit bisa lebih ringan, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi pembengkakan. Saat rasa nyeri berkurang, pastikan segera ke dokter untuk pemeriksaan dan pengobatan lebih lanjut sesuai kebutuhan.

3. Kumur air garam

Menggunakan air garam untuk kumur adalah cara mengobati sakit gigi darurat yang sering diterapkan di rumah. Air garam adalah bahan anti bakteri alami yang mampu mengurangi reaksi radang. Air garam juga merupakan disinfektan alami yang membantu membersihkan gigi dari sisa makanan.

Untuk mengaplikasi cara ini, cukup larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air biasa atau hangat. Larutan tersebut selanjutnya digunakan sebagai obat kumur saat sakit gigi. Seperti aplikasi metode lain, disarankan segera ke dokter jika sakit gigi terasa lebih baik usai kumur dengan air garam.

4. Kantong teh peppermint

Riset menyatakan, peppermint mengandung senyawa mentol yang berfungsi sebagai anti bakteri dan anti oksidan. Mentol juga memberi efek dingin yang meringankan rasa nyeri, sehingga cocok sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi.

Bagi yang ingin mencoba cara ini bisa menggunakan kantong teh peppermint yang sempat digunakan. Suhu kantong teh jangan terlalu panas sebelum diaplikasikan pada gigi yang terasa sakit. Cara lainnya adalah menggunakan kantong teh peppermint yang telah dimasukkan ke dalam freezer. Suhu dingin membantu meredakan rasa nyeri saat sakit gigi sebelum berkonsultasi ke dokter.

5. Minyak cengkeh

Senyawa eugenol dalam minyak cengkeh terbukti efektif sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi. Sebagai antiseptik alami, eugenol juga menekan risiko peradangan ketika terjadi gangguan dalam rongga mulut.

Untuk menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi, cukup dengan meneteskannya pada kapas yang disentuhkan pada bagian yang sakit. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari hingga rasa sakit berkurang. Cara lainnya adalah melarutkan minyak cengkeh dalam segelas air dan digunakan sebagai obat kumur. Penggunaan minyak cengkeh untuk obat sakit gigi tidak disarankan untuk anak karena berisiko menelan terlalu banyak.

6. Bawang putih

Bawang putih adalah bahan rumah tangga lain yang biasa digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi. Senyawa allicin yang terdapat dalam bawang putih memiliki efek anti bakteri yang sangat kuat. Allicin inilah yang membantu mengurangi bakteri dalam mulut hingga mengakibatkan sakit gigi.

Anti bakteri juga menekan risiko terjadinya plak pada gigi. Bagi yang ingin mencobanya, bawah putih bisa dihancurkan terlebih dulu menjadi pasta. Campuran bawang putih bisa ditambah garam secukupnya sebelum diaplikasikan pada gigi yang sakit. Cara lainnya bawang putih segar langsung dikunyah untuk meredakan sakit gigi. Bawang putih mungkin tidak cocok untuk semua orang karena aromanya yang sangat kuat.

7. Daun jambu biji

Daun jambu biji memiliki sifat anti radang dan anti mikroba yang membantu menyembuhkan luka serta meringankan sakit gigi. Untuk cara mengobati sakit gigi, daun jambu biji bisa langsung dikunyah untuk membantu menyembuhkan sakit gigi. Sebelum mengunyah daun jambu biji sebaiknya pilih yang lunak dan sudah dicuci bersih.

Cara lainnya adalah dengan merebus daun jambu dan menggunakannya sebagai obat kumur. Daun jambu biji telah terbukti efektif sebagai obat jangka pendek dengan efeknya yang cepat. Setelah sakit terasa lebih ringan sebaiknya segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

8. Bawang merah

Bawang merah menjadi alternatif bagi yang tidak suka aroma bawang putih sebagai cara mengobati sakit gigi. Senyawa anti mikroba dan anti septik dalam bawang merah membantu mengendalikan rasa nyeri.

Sebagai obat, bawang merah bisa langsung dikunyah untuk meredakan rasa sakit. Cara lainnya adalah menghaluskan bawang merah dan menempelkannya ke bagian yang sakit. Saat sakit gigi sudah reda sebaiknya segera ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

9. Cuka apel

Cuka apel adalah disinfektan alami yang membantu menjaga kebersihan gigi dan mulut. Kandungan asam dalam cuka apel juga mampu mengendalikan bakteri dalam rongga mulut. Manfaat inilah yang menyebabkan cuka apel menjadi alternatif cara mengobati sakit gigi.

Penggunaan cuka apel sebagai obat sakit gigi cukup dengan melarutkannya dalam segelas air dan dikumur-kumur. Cara lain adalah dengan meneteskannya dalam gulungan kapas kecil dan ditempelkan ke bagian yang sakit. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali dalam sehari hingga rasa sakit terasa lebih ringan.

10. Jahe

Rempah jahe mengandung antibiotik alami yang mampu meredakan rasa nyeri. Jahe tak hanya digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi, namun juga ketika perut terasa tidak nyaman.

Untuk meringankan sakit gigi, jahe bisa digeprek lebih dulu dan ditempelkan ke bagian yang sakit. Cara ini bisa dilakukan beberapa kali hingga kondisi terasa lebih baik dan segera ke dokter gigi.

11. Thyme

Thyme adalah tumbuhan aromatik yang berasal dari mint family. Minyak esensial dalam thyme punya efek antiseptic dan anti jamur yang bisa meredakan rasa nyeri saat sakit gigi. Daun thyme juga kerap digunakan untuk membantu menyembuhkan penyakit infeksi yang menyerang paru misal bronkitis.

Jika ingin digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi, minyak thyme dilarutkan dalam segelas air menjadi obat kumur. Cara lainnya adalah meneteskan minyak thyme dalam kapas, yang kemudian diaplikasikan pada bagian yang sakit. Setelah diulang beberapa kali, nyeri akibat sakit gigi akan terasa lebih ringan.

12. Lidah buaya

Gel lidah buaya ternyata tidak hanya mampu menyembuhkan luka terbakar atau terpotong yang ringan. Manfaat lainnya adalah sebagai cara mengobati sakit gigi yang ampuh dan alami.

Riset membuktikan, lidah buaya punya efek anti bakteri alami yang mampu membunuh bakteri penyebab kerusakan gigi. Gel lidah buaya langsung diaplikasikan pada gigi yang sakit dan dipijat perlahan hingga rasa sakit berkurang. Selanjutnya segera ke dokter gigi untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.



Simak Video "BPOM Temukan 48 Ribu Iklan Obat Ilegal, Termasuk Herbal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)