Selasa, 21 Apr 2020 14:23 WIB

Tips Hindari Stres saat Dilarang Mudik Gara-gara Corona

Ayunda Septiani - detikHealth
Sejumlah pemudik mulai padati Terminal Grogol, Jakarta. Meski bukan terminal utama, aktivitas pemudik di Terminal Grogol nampak sibuk jelang lebaran. Larangan mudik bisa memicu stres kalau tidak diantisipasi (Foto: Rifkianto Nugroho)
Topik Hangat Sungkem Virtual
Jakarta -

Hari ini Selasa (21/4/2020) Presiden Joko Widodo akhirnya melarang seluruh warga untuk mudik Lebaran pada Hari Raya Idul Fitri 1441 H.

Larangan terkait mudik ini tentunya membuat beberapa warga merasa rindu akan kampung halaman. Ditambah lagi kebosanan yang mulai melanda akibat stay at home, akan mudah memicu stres. Bagaimana cara mengatasinya?

Psikolog klinis dewasa, Arrundina Puspita Dewi, MPsi mengatakan stres bisa diatasi dengan melakukan hal produktif seperti menyibukkan diri.

"Perbanyak aktivitas yang produktif yang bisa dilakukan sendiri. Seperti menulis, menggambar, membuat kerajinan tangan, atau hobi lain yang produktif, bisa mengusir kebosanan," ujar Arrundina saat dihubungi detikcom, Selasa (21/4/2020).

Menurut Arrundina, jika kita fokus dalam mengerjakan sesuatu maka hal ini bisa mengatasi rasa stres karena tidak bisa mudik.

"Karena fokus dengan menghasilkan sesuatu, bisa mengurangi stres karena sendirian dan tidak bisa mudik," tambahnya.



Simak Video "UNICEF: Orang Tua Juga Harus Perhatikan Kesehatan Jiwa"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
Topik Hangat Sungkem Virtual