Rabu, 22 Apr 2020 09:10 WIB

Cerita Wali Kota Bogor Bima Arya Soal Kondisinya Pasca Sembuh dari Corona

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Wali Kota Bogor Bima Arya Foto: Wali Kota Bogor Bima Arya (ist)
Jakarta -

Wali Kota Bogor Bima Arya buka suara mengenai kondisinya pasca sembuh dari infeksi virus Corona. Setelah dinyatakan positif pada Maret lalu, ia menjalani perawatan dan kurang lebih dua minggu setelahnya dinyatakan sembuh dari COVID-19. Meski demikian, ia merasa kondisinya belum sembuh benar.

"Setelah 22 hari di RS dan ini hari ke-10 di rumah. Alhamdulilah dengan segala perjuangan, dengan penuh cobaan, sudah secara resmi dinyatakan sehat karena hasilnya negatif. Tapi terus terang saya merasa kondisinya masih 90 persen, belum 100 persen, masih agak-agak lemas sedikit," tutur Bima Arya dalam sesi olahraga daring yang diselenggarakan Idea Run, Rabu (22/4/2020).

Bima Arya juga menceritakan kisahnya saat harus dirawat di rumah sakit karena COVID-19. Tak hanya batuk, ia juga mengalami beberapa gejala lain meski diagnosanya adalah mild atau gejala ringan-sedang COVID-19.

"Hari-hari pertama di rumah sakit memang penuh perjuangan, mual, nggak nafsu makan, lemas, batuk-batuk, badan sedikit demam. Tapi setelah seminggu, setelah berjuang untuk paksa makan, berjuang untuk bisa istirahat, badan agak enakan," paparnya kemudian.

Saat diisolasi dan menjalani pemulihan di RSUD Kota Bogor, Bima Arya menyebut hal yang paling membantunya pulih dengan cepat adalah berolahraga. Minggu kedua di rumah sakit, Bima Arya mulai berjemur melakukan latihan seperti push-up, squat jump, dan plank.

"Itu yang menurut saya membuat agak nyaman ya. Jadi setiap habis exercise di kamar rumah sakit, badan keringatan, jadi kerasa hormon endorfin yang memproduksi rasa happy, rasa nyaman, menurut saya ngaruh banget," terangnya.

Meski sudah dinyatakan pulih, ia masih harus recovery selama seminggu ke depan. Untuk mempercepat penyembuhannya, sebisa mungkin Bima Arya berolahraga di rumah setiap hari.



Simak Video "Bima Arya Alami Efek Lanjutan Usai Sembuh dari Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)