Rabu, 22 Apr 2020 10:23 WIB

3 Tips Sederhana Bantu Tubuh Tetap Bugar Saat WFH

Abu Ubaidillah - detikHealth
makanan selama wfh Foto: istimewa
Jakarta -

Kegiatan work from home (WFH) dilakukan untuk mencegah paparan virus berbahaya. Namun mungkin masih ada beberapa orang yang tidak menerapkan pola hidup sehat saat bekerja dari rumah sehingga kebugaran tubuhnya berkurang dan mengakibatkan WFH tidak maksimal.

Medical Manager Divisi Kalbe Consumer Health PT Kalbe Farma TBK, dr Helmin Agustina Silalahi menyebut, ada beberapa hal yang mengakibatkan seseorang mudah lelah, antara lain aktifitas yang berlebihan, kurang asupan gizi, dan penyakit kronis.

"Kelelahan dapat disebabkan oleh adanya penyakit kronis yang diidap,namun jika kelelahan akibat aktivitas berlebihan ini dapat menyebabkan imunitas juga menurun, sehingga dapat diserang berbagai penyakit," ujar dr Helmin kepada detikcom, Rabu (22/4/2020).

Maka dari itu, penting untuk menjaga tubuh tetap bugar selama WFH. Melansir dari Bloomberg, ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat selama WFH antara lain adalah sebagai berikut:

1. Menerapkan Batas Waktu Pekerjaan

Ketika bekerja di kantor, mudah untuk mengatur waktu kapan harus bekerja keras. Namun saat di rumah, sering muncul keinginan untuk kembali ke depan layar komputer.
Tetapkanlah batas waktu kerja, tahan keinginan untuk kembali ke depan layar komputer. Jika memungkinkan, tentukan juga area kerja untuk membantu menjaga pikiran tetap tenang.

2. Hindari Isolasi Diri

Menjaga jarak sosial bukan hal yang mudah, terutama jika Anda terbiasa dengan tempat yang ramai seperti kantor. Anda bisa mencoba menonton film dengan sahabat, meski hanya dari jarak jauh. Selain itu, Anda juga bisa mencoba melakukan video call bersama dengan rekan kerja ketika jam istirahat maupun saat sedang libur bekerja untuk meningkatkan komunikasi.

3. Istirahat dan Jaga Pola Makan Teratur

Terakhir adalah penting untuk beristirahat secara teratur karena bekerja dari rumah akan membuat cepat lelah, terutama disebabkan karena lebih sedikit bergerak. Selain itu, menjaga pola makan sehat seperti sayur dan buah-buahan juga membantu tubuh agar tetap bugar.

"Jika karena aktivitas berlebihan, biarkan tubuh istirahat dan ganti energi yang hilang dengan asupan gizi yang baik," ujar dr Helmin.

Selain beberapa hal di atas, ada upaya lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh selama WFH, salah satunya adalah mengonsumsi suplemen vitamin untuk mempercepat recovery saat kelelahan dan membantu membentuk energi.

Fatigon merupakan suplemen multivitamin yang kaya akan vitamin B1, B6, dan B12 yang bantu menjaga stamina tubuh selama bekerja dari rumah dan #bantujalanihari agar tetap produktif.



Simak Video "Work From Home Bisa Picu Burnout, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)