Rabu, 22 Apr 2020 15:33 WIB

Kim Jong Un Dikabarkan Sakit, Ada Riwayat Sakit Jantung di Keluarganya

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Rumor soal menurunnya kondisi Kim Jong-Un beredar. Orang nomor satu di negara komunis itu dikabarkan menjalani operasi terkait kardiovaskular. Kim Jong Un (Foto: Getty Images/Chung Sung-Jun)
Jakarta -

Tidak hadirnya Kim Jong Un dalam acara ulang tahun kakeknya pada tanggal 15 April kemarin, telah membuat banyak orang menjadi bertanya-tanya dan berspekulasi apakah ada sesuatu yang terjadi pada pemimpin Korea Utara tersebut. Terlebih berbagai laporan menyebutkan bahwa Kim Jong-Un menderita sakit keras setelah menjalani operasi bedah jantung.

Laporan situs Daily NK yang berbasis di Seoul dan sebagian besar dikelola oleh para pembelot dari Korea Utara menyebut bahwa kondisi kesehatan Kim Jong-Un berangsur memburuk selama beberapa bulan terakhir. Ini disebabkan karena kebiasaannya yang suka merokok dan juga mengalami obesitas.

Lantas apakah ini menunjukkan Kim Jong-Un memiliki risiko penyakit jantung?

Mengutip dari The Globe and Mail, Kim Jong Un memang memiliki riwayat keluarga dengan masalah jantung. Kakeknya yaitu Kim Il Sung meninggal akibat serangan jantung dan mendiang ayahnya, Kim Jong Il juga menderita penyakit jantung.

"Dia sulit bernapas dan perokok berat. Dia tampak seperti seseorang yang menunggu untuk terkena serangan jantung," kata Anna Fifield, penulis buku The Great Successor: The Divinely Perfect Destiny of Brilliant Comrade Kim Jong Un.

"Kabar bahwa dia telah mengalami beberapa insiden jantung atau masalah kesehatan sekarang mulai terdengar benar," lanjutnya.

Meski begitu, hingga kini belum ada informasi resmi tentang kondisinya, sehingga kabar miring tentang kesehatan Kim Jong-Un belum bisa terbukti kebenarannya. Terlebih pemerintah Korea Selatan membantah laporan bahwa pemimpin Korea Utara tersebut sedang mengalami sakit parah.

"Kami tidak memiliki apa pun yang dapat membuktikan bahwa Kim Jong Un memiliki situasi kesehatan," kata seorang pejabat senior kementerian luar negeri Korea Selatan kepada VOA.



Simak Video "Penampilan Kim Jong Un Bermasker Usai Korut Konfirmasi Kasus Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)