Kamis, 23 Apr 2020 11:07 WIB

5 Tips Ajak Anak Bersih-bersih Asyik di Rumah

Abu Ubaidillah - detikHealth
Ilustrasi ibu bermain bersama anak Foto: Getty Images/Stígur Már Karlsson /Heimsmyndir
Jakarta -

Salah satu cara menghabiskan waktu selama di rumah adalah dengan mengadakan kegiatan bersih-bersih rumah bersama keluarga. Selain menjadi quality time, juga dapat menjadi salah satu upaya pencegahan COVID-19 di lingkungan sekitar.

Nah, bagi orang tua yang anaknya kerap malas saat diajak bersih-bersih, bisa mencoba beberapa tips seru berikut agar ia mau ikut bersih-bersih rumah. Dilansir dari Sheknows, berikut beberapa tips seru ajak anak agar mau bersih-bersih rumah.

1. Kalahkan Waktu

Atur timer dan tantang anak Anda untuk menyelesaikan tugas sebelum bel berdering. Misalnya, tantang mereka untuk mengumpulkan 10 buku dalam waktu 1 menit atau simpan cucian mereka ke lemari dalam waktu 5 menit.

2. Dorong Kompetisi Ramah

Punya lebih dari dua anak dan lantai rumah yang penuh mainan? Berikan mereka masing-masing ember kosong dan timer lalu lihat siapa yang bisa mengumpulkan lebih banyak mainan. Jadikan kompetisi karena anak-anak sangat senang akan hal tersebut.

3. Tetapkan Hadiah yang Jelas

Biarkan anak Anda tahu persis apa yang mereka dapatkan setelah selesai membersihkan rumah, contohnya seperti berlibur ke suatu tempat, makanan yang enak, atau belanja mainan baru.

4. Jadikan Mainan Petak Umpet

Sembunyikan sejumlah barang di beberapa tempat seperti uang, mainan, dan sebagainya. Beri tahu mereka ada beberapa banyak kejutan atau harta yang dapat ditemukan sambil membersihkan rumah dengan benar.

5. Pasang Musik

Putarlah musik kesukaan anak Anda dengan volume yang tinggi sehingga anak Anda bisa bersih-bersih sambil bersenang-senang. Mungkin, Ada juga bisa membiarkan anak Anda mendengarkan musik melalui iPod atau iPhone dengan menggunakan headset yang terhubung ke telinga.

Itulah beberapa hal yang dapat dicoba untuk mengajak anak Anda agar mau bersih-bersih di rumah. Ingatlah kembali bahwa kebersihan rumah merupakan salah satu upaya untuk melawan penyebaran COVID-19.

Kemudian upaya pencegahan terhadap COVID-19 lainnya yang bisa dilakukan adalah mendaftar asuransi kesehatan seperti salah satunya adalah Mega Insurance yang memiliki produk kesehatan antara lain Mega Medical Care (MMC) dan Mega International Health Care (MIHC).

Produk kesehatan tersebut memberikan perlindungan menyeluruh terhadap penyakit kronis, kecelakaan dan biaya evakuasi medis serta memberikan layanan cashless untuk rawat jalan di Asia Tenggara.

Kenali lebih lanjut asuransi kesehatan yang ditawarkan oleh Mega Insurance untuk melindungi Anda, hubungi Mega Insurance di MICC (Mega Insurance Contact Centre) (021) 2980-3333 atau WhatsApp call center 0812-9291-7829 atau WhatApp Marketing Health 0812-9010-2223.

(prf/up)