Jumat, 24 Apr 2020 11:05 WIB

Korsel Yakini Pasien Corona yang Positif Usai Sembuh Tak Lagi Tularkan COVID-19

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Otoritas Korea Selatan (Korsel) melaporkan sedikitnya 116 orang yang telah sembuh dari virus Corona (COVID-19), kembali dinyatakan positif. Korsel yakini pasien positif usai sembuh tak akan menularkan lagi. (Foto ilustrasi: AP Photo)
Jakarta -

Otoritas kesehatan Korea Selatan melaporkan bahwa pasien yang kembali terinfeksi virus Corona COVID-19 setelah sembuh, terlihat jauh lebih tidak menular. Pusat Pengendalian Penyakit Korea (KCDC) sedang berusaha menyelidikinya.

Sejauh ini di Korea Selatan sudah ada 180 kasus semacam itu. Tetapi, belum ada kabar yang menyatakan bahwa pasien tersebut kembali menularkan virus itu ke orang lain.

Saat di gelombang pertama virus, untuk memastikan kasus positif otoritas kesehatan setempat mengeceknya dengan melakukan tes reaksi rantai polimerase (PCR) pada pasien terduga. Untuk menyelidiki kasus di gelombang kedua ini, KCDC melakukan tes yang berbeda dengan mengambil kultur virus.

Agar mendapatkan hasil yang jelas, proses tes ini memakan waktu selama 1-2 minggu. Sejauh ini, dari 39 kasus yang diselidiki dengan tes kultur, hasil dari enam di antaranya negatif.

"Itu berarti virus yang ada pada kasus orang yang kambuh ini kemungkinannya kecil atau bahkan tidak sama sekali bisa menginfeksi orang lain," kata Direktur KCDC Jeong Eun-kyeong yang dikutip dari Reuters.

Meskipun memiliki fungsi yang sama, Jeong menolak gagasan menggantikan PCR dengan tes kultur untuk menentukan apakah pasien yang terinfeksi sudah benar-benar sembuh. Hal ini karena tes kultur lebih membutuhkan waktu dan sumber daya yang lebih banyak.

Saat ini, KCDC juga masih memeriksa penyebab beberapa pasien di negaranya bisa kembali positif setelah sembuh dari virus Corona. Para ahli memperkirakan penyebabnya, di antaranya adanya infeksi ulang, kambuh, atau tes yang hasilnya tidak konsisten.



Simak Video "Virus Corona Bisa Serang Usus Meski Pernapasan Negatif Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)