Minggu, 26 Apr 2020 13:55 WIB

Wabah Corona di Indonesia Diprediksi Selesai 6 Juni

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
prediksi akhir wabah corona Data SUTD mengungkap akhir dari wabah Corona di Indonesia. (Foto: Tangkapan Layar SUTD)
Jakarta -

Data dari Singapore University of Technology and Design (SUTD) mengungkap prediksi akhir dari wabah Corona di sejumlah negara. Indonesia sendiri diprediksi berakhir pada 6 Juni mendatang.

Data tersebut menggunakan artificial intelligence (AI) yang berbasis pada model matematika tipe susceptible-infected-recovered (SIR). Model SIR ini diregresikan dengan data dari berbagai negara untuk memperkirakan kurva siklus hidup pandemi dan memperkirakan kapan pandemi tersebut akan berakhir di masing-masing negara dan dunia, dengan menghimpun data terbaru dari Our World in Data.

Menurut data yang dimuat pada Sabtu (25/4/2020), jika dibandingkan dengan negara tetangga, Malaysia akan lebih dulu mengakhiri wabah Corona yaitu pada 6 Mei. Menyusul Singapura yang diprediksi berakhir pada 4 Juni.

Sementara itu pandemi Corona di dunia diprediksi akan berakhir 100 persen di akhir tahun. Tepatnya pada tanggal 8 Desember 2020.

Meski begitu, data yang diungkap dalam laman web SUTD Data 'When Will Covid-19 End' ini ditujukan untuk mendukung penelitian. Disebutnya, sangat mungkin jika terdapat kesalahan.



Simak Video "Sukarelawan Terjun Langsung Jemput Jenazah COVID-19 di India"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)