Jumat, 01 Mei 2020 11:00 WIB

Trump Klaim Punya Bukti Kuat Virus Corona Berasal dari Laboratorium Wuhan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memprediksi kasus corona di AS akan berakhir pada bulan Juli. Kok bisa? Trump mengaku punya bukti Corona berasal dari lab Wuhan. (Foto: AP Photo)
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis (30/4/2020) menyebut ia telah melihat bukti yang memberikannya kepercayaan tinggi bahwa virus Corona COVID-19 berasal dari laboratorium di Wuhan, China.

Komentarnya ini datang ketika Trump menjawab pertanyaan seorang wartawan di Gedung Putih saat konferensi pers mengenai apakah ia memiliki sesuatu sehingga sangat percaya bahwa Institut Virologi Wuhan adalah tempat asal COVID-19.

"Ya. Ya, saya punya (bukti). Dan saya pikir Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) seharusnya malu pada diri mereka sendiri karena mereka seperti agen hubungan masyarakat untuk China," kata Trump dikutip dari Newsweek.

"Mereka (laboratorium Wuhan) seharusnya tidak membuat alasan ketika seseorang membuat kesalahan mengerikan, terutama kesalahan yang menyebabkan ratusan ribu orang di seluruh dunia mati," lanjutnya.

Ketika ditanyai lebih lanjut seberapa yakin ia merasa virus Corona berasal dari laboratorium Wuhan, Trump menolak untuk menjawab.

"Saya tidak diizinkan memberitahumu soal itu," sebutnya.

Pejabat intelijen AS juga mengkonfirmasi mereka sedang melakukan investigasi kemungkinan penyakit baru ini 'bocor' dari laboratorium Wuhan. Namun salah satu pejabat administrasi mengatakan kepada The Times bahwa Trump menekan badan intelijen AS untuk mengaitkan virus dengan laboratorium Wuhan.



Simak Video "Respons Kritik Trump, WHO: Jangan Politisasi Virus Corona COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)