Minggu, 03 Mei 2020 11:05 WIB

Tanda di Lengan Kim Jong Un Diduga Bekas Ambil Darah

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
kim jong un bekas operasi Sebuah tanda di lengan Kim Jong Un disebut-sebut sebagai bekas luka pengambilan darah (Foto: KCTV)
Jakarta -

Sebuah tanda di lengan kanan Kim Jong Un ramai dibicarakan menyusul kemunculannya yang pertama sejak diisukan meninggal dunia. Pakar dari Amerika Serikat meyakininya sebagai bekas luka pengambilan darah.

Mengutip NK News, Nypost menyebut bahwa tanda di lengan kanan penguasa Korea Utara ini adalah bekas luka dari sebuah prosedur kardiovaskular yakni 'radial artery puncture'. Ini adalah prosedur pengambilan sampel darah untuk analisis.

Penampakan tanda yang disebut-sebut sebagai 'bekas luka' tersebut muncul dalam sebuah video saat Jong Un mengunjungi sebuah pabrik di Suncheon. Tanda tersebut tidak ada dalam penampilan Jong Un sebelumnya.

Spekulasi tentang prosedur kardiovaskular mencuat karena Jong Un dinilai memiliki sejumlah faktor risiko penyakit jantung. Selain mengalami obesitas, ia juga suka merokok.

Riwayat sakit jantung juga ditemukan di keluarganya. Sang kakek, Kim Il Sung, meninggal akibat serangan jantung, dan ayahnya Kim Jong Il juga punya riwayat penyakit serupa.

Saat dirumorkan meninggal baru-baru ini, Jong Un juga tidak lepas dari spekulasi seputar sakit jantung. Sebuah sumber menyebut Jong Un meninggal usai menjalani operasi jantung. Rumor ini terbantahkan dengan kemunculannya di depan publik baru-baru ini.



Simak Video "Suka Tidur dengan Bantal Tinggi? Waspada Gejala Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)