Senin, 04 Mei 2020 11:59 WIB

Masker Scuba Dilapisi Tisu, Jadi Lebih Efektif Tangkal Corona?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Perajin menuntaskan pekerjaan menyablon di masker model scuba di Kecamatan Puuwatu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/4/2020). Kebutuhan masker terus meningkat sejak wabah COVID-19 dan berimbas pesanan masker sablon kebanjiran orderan dari perusahaan pemerintah dan perusahaan swasta, perajin mengaku dapat memperoleh omzet hingga Rp7 juta per harinya. ANTARA FOTO/Jojon/hp. Ilustrasi masker scuba yang ngehits sejak pandemi Corona (Foto: ANTARA FOTO/JOJON)
Jakarta -

Popularitas masker scuba meningkat seiring diwajibkannya seluruh masyarakat mengenakan masker kain sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran dan penularan virus Corona.

Berbeda dengan jenis masker kain pada umumnya yang memiliki setidaknya dua atau tiga lapis, masker scuba umumnya hanya terdiri dari selapis kain sehingga banyak masyarakat yang menambahkan tisu sebelum mengenakannya.

"Itu kan untuk membantu, bisa di sisipkan (tisu)," sebut peneliti nanoteknologi dari Loka Penelitian Teknologi Bersih (LPTB) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Eng Muhamad Nasir saat dihubungi detikcom ditulis Senin (4/5/2020).

Tak hanya pada masker scuba, beberapa jenis masker kain dengan bahan katun pun bagian tengahnya bisa dilapisi tisu sebagai filter. Meski efektivitasnya tak akan sebesar masker medis, namun masyarakat tetap bisa menggunakannya.

"Kalau kita ketahui, efektivitas masker kain sekitar 50-80 persen untuk menahan partikulat artinya kalau kita tambahkan tisu itu cuman untuk membantu aja tapi nggak akan bisa menyamai masker medis atau N95," jelasnya

Penting juga untuk diingat bahwa masker kain, baik bahan scuba atau jenis lainnya harus segera dicuci setelah digunakan untuk memastikan tak ada kontaminasi bakteri atau virus. Selain itu, tetap dianjurkan untuk menjaga physical distancing kurang lebih 1-2 meter dan harus sering cuci tangan.



Simak Video "Masker Buff dan Scuba Tak Disarankan Dipakai di KRL, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)