Selasa, 05 Mei 2020 16:36 WIB

Didi Kempot Meninggal, Ini 3 Cara Sehat Jaga Jantungmu

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
THE GODFATHER OF BROKEN HEART DIDI KEMPOT. (CNNIndonesia/Tri Wahyuni) Foto: CNNIndonesia/Tri Wahyuni
Jakarta -

Pelantun tembang campursari kenamaan, Didi Kempot meninggal dunia pada Selasa (5/2/2020). Ia dikabarkan meninggalkan dunia ini untuk selamanya pada pukul 07.45 WIB karena henti jantung di Rumah Sakit Kasih Ibu Solo.

Henti jantung merupakan sebuah kondisi saat jantung berhenti berdetak secara tiba-tiba. Melansir Mayo Clinic, penyebab henti jantung bermacam-macam antara lain, penyakit arteri koroner, serangan jantung, jantung membesar, penyakit jantung valvular, penyakit jantung bawaan, dan masalah kelistrikan jantung.

Penyakit jantung memang menjadi salah satu penyakit yang menempati posisi tertinggi penyebab kematian di Indonesia maupun dunia. Oleh karena itu, menjadi hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung sejak dini. Untuk memastikan jantungmu tetap sehat, berikut 3 cara yang bisa kamu ikuti.

Mengurangi Konsumsi Makanan Berkolesterol Tinggi

Salah satu penyebab utama penyakit jantung merupakan penyumbatan pembuluh darah yang membuat aliran darah ke jantung menjadi tidak normal. Penyumbatan pembuluh darah ini bisa disebabkan salah satunya karena kolesterol berlebih di dalam tubuh.

Adapun penyebab kolesterol tinggi yakni berasal dari makanan. Agar jantung tetap sehat, maka kamu harus menjaga pola makan. Hindari makanan-makanan berkolesterol tinggi seperti seafood, daging olahan, jeroan, yogurt, dan lain sebagainya.

Rutin Berolahraga

Saat situasi yang mengharuskan untuk berada di rumah saja terkadang membuat orang menjadi malas untuk bergerak dan berolahraga. Padahal dengan melakukan aktivitas, bergerak dan berolahraga bisa membakar lemak atau kolesterol yang menumpuk di dalam tubuh sehingga tidak menyumbat pembuluh darah. Oleh karena itu, meski sedang di rumah saja, pastikan tubuh tetap rutin melakukan olahraga setiap hari.

Beri Tubuh Asupan Buah dan Sayuran yang Cukup

Selain menjadikan daya tahan tubuh kuat dan sehat, buah dan sayuran yang kaya serat juga baik untuk kesehatan jantungmu, lho. Kandungan vitamin hingga antioksidan yang ada di dalam sayur dan buah berfungsi untuk melindungi arteri dan mencegah penyumbatan darah karena kolesterol tinggi.

Nah, itu 3 cara sehat jaga kesehatan jantung yang bisa kamu ikuti. Dari penjelasan tersebut, sekarang kamu paham kan bahwa dampak kolesterol tinggi di dalam tubuh sangat berbahaya terlebih untuk kesehatan pembuluh darah dan jantung.



Simak Video "Memasuki Usia 20-an, Seberapa Sering Harus Cek Kolesterol?"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)