Kamis, 07 Mei 2020 13:18 WIB

Hal yang Terjadi di Dalam Tubuh Saat Mengalami Henti Jantung Mendadak

Firdaus Anwar - detikHealth
Didi Kempot Didi Kempot meninggal dunia karena henti jantung. (Foto: ANTARA Foto)
Topik Hangat Bahaya Henti Jantung
Jakarta -

Penyanyi campursari legendaris Didi Kempot meninggal dunia karena mengalami henti jantung (cardiac arrest) pada hari Selasa (5/5/2020) lalu. Pihak Rumah Sakit (RS) Kasih Ibu di Solo menjelaskan Didi Kempot masuk instalasi gawat darurat (IGD) sudah dalam kondisi tidak sadar.

"Tiba di IGD pagi ini pukul 07.25, kondisi tidak sadar, henti jantung, henti nafas. Dilakukan tindakan resusitasi, namun pasien tidak tertolong. Dinyatakan meninggal oleh dokter pukul 07.45," kata Asisten Manajer Humas Rumah Sakit (RS) Kasih Ibu, Divan Fernandez, beberapa waktu lalu.

Henti jantung dijelaskan oleh ahli jantung dr Ivan Noersyid, SpJP, dari Primaya Hospital Bekasi Timur terjadi ketika ada gangguan pada kelistrikan jantung. Impuls-impuls listrik dibutuhkan oleh otot jantung untuk bisa berkontraksi dan berdetak dengan baik.

dr Ivan menjelaskan henti jantung bisa disebabkan karena serangan jantung, dehidrasi, dan beberapa kondisi medis lain. Saat terjadi biasanya tubuh mengalami beberapa tahapan dimulai dari kematian otot-otot jantung.

"Setiap empat menit, bagian-bagian otot jantung di dalam tubuh akan mengalami kematian. Semakin lama penanganan seseorang yang mengalami henti jantung, maka akan semakin banyak otot jantung yang mengalami kematian," kata dr Ivan dalam siaran media yang diterima detikcom dan ditulis Kamis (7/5/2020).

"Jika seseorang mengalami henti jantung namun tidak dilakukan tindakan medis lebih lanjut, maka orang tersebut dapat mengalami kematian," lanjutnya.

Tindakan darurat resusitasi jantung paru (RJP) bisa diberikan untuk pasien yang mengalami henti jantung. Di fasilitas kesehatan biasanya tenaga medis akan memantau irama jantung dengan alat elektrokardiogram (EKG) dan pasien diberikan defibrilasi atau sering disebut juga setrum jantung.



Simak Video "Tips Agar Tetap Sehat di Musim Hujan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)
Topik Hangat Bahaya Henti Jantung