Jumat, 08 Mei 2020 03:38 WIB

Pengacara Sebut Roy Kiyoshi Mengonsumsi Dumolid, Obat Apa Itu?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Roy Kiyoshi saat ditemui di studio Trans TV. Roy Kiyoshi (Foto: Palevi S/detikFoto)
Jakarta -

Selebritis Roy Kiyoshi ditangkap polisi terkait narkoba. Belum dijelaskan jenis narkoba yang dimaksud, namun kuasa hukumnya, Henry Indraguna, menyebut Roy mengonsumsi sejumlah obat.

Salah satu obat yang dikonsumsi Roy adalah obat tidur Dumolid. Pria berusia 33 tahun ini mengonsumsi obat tersebut karena susah tidur.

"Ada dua obat tidur, yang satu dumolid itu obat lama yang sudah tidak dipakai lagi dan ada satu obat tidur lagi saya kurang jelas apa namanya," kata Henry Indraguna kepada detikcom, Kamis (7/5/2020).

Psikiater dari RS OMNI Alam Sutra, dr Andri, SpKJ, kepada detikcom beberapa waktu lalu menjelaskan, Dumolid merupakan obat tidur dari golongan benzodiazepine. Obat ini mengandung nitrazepam dan digunakan pada pasien insomnia yang mengalami depresi.

"Efek awal menggunakan Dumolid itu sebenarnya menimbulkan efek mengantuk yang luar biasa tapi nggak sampai tertidur. Lalu merasa tenang, enak dan nyaman," kata dr Andri.

Menurut dokter saraf dari RS Medistra yang juga mendalami kesehatan tidur, dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT, nitrazepam digunakan pada insomnia yang dialami kurang dari waktu sebulan.

"Semua obat golongan nitrazepam kerjanya di otak," terang dr Rimawati seperti diberitakan sebelumnya.

Karena bekerja di otak, obat ini bisa menyebabkan ketergantungan. Seseorang sudah terbiasa menggunakan obat ini untuk tidur akan makin sulit tidur jika tidak mengonsumsinya terlebih dahulu.



Simak Video "Ramuan Alami untuk Atasi Insomnia"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)