detikhealth

Seperti Apa Efek Minum Dumolid? Ini Pengakuan Pelaku Penyalahguna

Aisyah Kamalia - detikHealth
Jumat, 04/08/2017 15:35 WIB
Seperti Apa Efek Minum Dumolid? Ini Pengakuan Pelaku PenyalahgunaMeski mudah diperoleh , sebaiknya masyarakat bijak menggunakan obat seperti Dumolid. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta, Dumolid, obat penenang yang sedang banyak diperbincangkan sejak penangkapan aktor Tora Sudiro dan Mieke Amalia, memang sering disalahgunakan. Terlebih, obat tersebut mudah ditemukan secara online. Hal ini pula yang membuat seorang wanita, sebut saja KL, merasa mudah untuk mendapatkan obat jenis tersebut.

"Gak susah, gampang banget (belinya), kayak beli air mineral di warung," ungkap KL seperti yang disampaikannya kepada detikHealth, Jumat (4/8/2017)

Berawal dari pemberian teman dekatnya, ia menjadi ketergantungan dengan obat tersebut. Ia pun mengaku sudah mengonsumsi obat tersebut selama lebih dari dari setahun belakangan. Ketika pertama kali menggunakan Dumolid, KL mengaku merasa badannya terasa lebih enteng dan percaya diri.

Baca juga: Fakta-fakta Dumolid, Obat Penenang yang Menjerat Tora Sudiro

"Percaya diri nambah, ga laper, asik aja gitu nyantai," ungkap KL.

Namun, lambat naun, ia mulai merasa terbiasa dan menjadi sulit untuk terlepas dari jerat Dumolid. Ia juga menuturkan pola tidurnya terganggu karena menggunakan Dumolid. KL menyebutkan bahwa jika ia tidak mengonsumsi Dumolid tidurnya tidak pulas.

"Jadi ngantuk banget tapi mata melek," jelasnya.

Baca juga: Kata Dokter Jiwa Soal Penyalahgunaan Dumolid Alias Nitrazepam

Dumolid masuk dalam jenis obat-obatan Nitrazepam yang biasa digunakan untuk pasien dengan insomnia. Namun, efek samping dari penggunaan obat ini biasanya mengakibatkan kecanduan atau ketergantungan pada obat.

Orang yang sudah terbiasa menggunakan obat ini akan menjadi sulit untuk tidur jika tidak mengonsumsinya terlebih dahulu bahkan bisa menyebabkan depresi.(fds/up)


 
Foto Terkait

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit