Jumat, 08 Mei 2020 09:46 WIB

Uji Klinis Berhasil di AS, Jepang Ikut Gunakan Remdesivir untuk Obati Corona

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Traitement possible par Remdesivir pour traiter le coronavirus Covid-19 Usai berhasil di AS, kini jepang ikut gunakan remdesivir. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Sebelumnya, uji klinis remdesivir di Amerika Serikat (AS) dinilai berhasil obati Corona dan mendapat persetujuan dari Food and Drug Administraion (FDA). Pemerintah Jepang pun pada Kamis (7/5/2020) menyetujui remdesivir digunakan sebagai obat Corona di negaranya.

Hal ini membuat Jepang menjadi negara kedua yang menggunakan remdesivir sebagai obat Corona. "Remdesivir disetujui berdasarkan tindakan luar biasa," kata seorang pejabat kementerian kesehatan Jepang, dikutip dari Channel News Asia Jumat (8/5/2020).

"Itu adalah persetujuan pertama negara kami untuk perawatan pasien coronavirus," kata pejabat itu kepada AFP.

Perdana Menteri Shinzo Abe mengatakan pekan lalu pemerintah sedang bersiap untuk memberikan 'lampu hijau' sesegera mungkin bagi obat eksperimental yang dikembangkan oleh perusahaan AS Gilead Sciences.

Langkah maju AS datang setelah uji klinis utama menunjukkan remdesivir yang awalnya dikembangkan untuk mengobati Ebola, mempersingkat waktu untuk pemulihan pada beberapa pasien hingga sepertiganya. Remdesivir, yang diberikan melalui suntikan, sudah tersedia untuk beberapa pasien yang terdaftar dalam uji klinis di seluruh dunia.

Sedangkan untuk Avigan, yang dikembangkan oleh perusahaan Jepang Fujifilm Toyama Chemical, Suga mengatakan pemerintah akan menyetujui obat ini jika uji klinis yang melibatkan 100 pasien terbukti efektif. Obat, yang nama generiknya adalah favipiravir, disetujui untuk digunakan di Jepang pada 2014 tetapi hanya pada wabah flu yang tidak ditangani secara efektif oleh obat yang ada.

Favipiravir tidak tersedia di pasaran dan hanya dapat diproduksi dan didistribusikan atas permintaan pemerintah Jepang.



Simak Video "FDA Setujui Remdesivir Sebagai Antivirus untuk COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)