Jumat, 08 Mei 2020 17:00 WIB

Adi Kurdi 'Keluarga Cemara' Idap Glaukoma Saat Meninggal, Kenali Gejalanya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Adi Kurdi meninggal / Foto: Antara / Ilustrasi:  Andhika Akbarayansyah Adi Kurdi 'Keluarga Cemara' meninggal karena tumor otak / Foto: Antara / Ilustrasi: Andhika Akbarayansyah
Jakarta -

Adi Kurdi, pemeran abah dalam sinetron 'Keluarga Cemara' meninggal dunia karena tumor otak di Rumah Sakit Pusat Otak Nasional, Cawang, Jakarta. Sebelum meninggal kondisi Adi Kurdi sudah terbilang tak lagi prima. Ia disebut mengidap glaukoma.

"Banyak pembicaraan di waktu-waktu terakhir dalam proses pembuatan film ini, dia tetap terlihat konsisten. Dia dalam kondisi kehilangan penglihatan saat melakukan syuting itu sekitar 70 persen, karena glukoma tapi dia konsisten," ungkap produser FX Rudy Gunawan saat dihubungi, Jumat (8/5/2020).

Dokter ahli mata dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM), Dr dr Virna Dwi Oktariana, SpM(K), dalam sebuah wawancara menjelaskan bahwa glaukoma memiliki gejala yang kadang tidak dirasakan oleh pasien, yakni mata pegal.

"Mata pegal adalah gejala glaukoma yang sangat subtle (jelas). Gejala ini terjadi akibat peningkatan tekanan dalam bola mata hingga lebih dari 10-20 mmHg," ujarnya beberapa waktu lalu.

Dikutip dari Mayo Clinic, berikut beberapa gejala umum glaukoma:

  • Sakit kepala parah
  • Sakit mata
  • Mual dan muntah
  • Penglihatan kabur
  • Lingkaran cahaya di sekitar lampu
  • Mata merah

Apabila tidak segera diobati, penyakit glaukoma ini akan menyebabkan kebutaan pada orang yang mengidapnya.



Simak Video "Kisah Inspiratif Pemuda Tunanetra Jadi Peselancar Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/up)