Sabtu, 09 Mei 2020 11:05 WIB

Tim Pakar COVID-19 Gambarkan Kondisi Pasien Corona di Indonesia

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kasus positif COVID-19 di ibu kota disebut kini alami perlambatan yang signifikan. Hal itu beri semangat baru bahwa Indonesia dapat bangkit lawan Corona. Gambaran umum kondisi pasien Corona di Indonesia. (Foto: Antara Foto)
Jakarta -

Data yang terintegrasi di Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Indonesia menyajikan gambaran umum mengenai kondisi pasien yang saat ini sedang ditangani dan menjalani perawatan. Hingga kini jumlah pasien positif virus Corona di Indonesia tercatat 13.112 kasus dengan 2.494 sembuh, dan 943 meninggal dunia yang tersebar di seluruh provinsi.

"Dari gambaran kasus yang ada, kalau dari gejala positif, ternyata yang paing sering itu batuk. Batuk itu paling tinggi," kata Ketua Tim Pakar Gugus Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, dalam konferensi pers dalam jaringan di BNPB, Sabtu (9/5/2020).

Selain itu dari segi usia, disebutkan oleh Prof Wiku bahwa usia paling rentan tertular Corona adalah kelompok di atas 45 tahun. Sekitar 85 persen pasien yang meninggal juga rentang usianya di atas 50 tahun.

"Kondisi penyakit penyerta kebnyakan memiliki hipertensi, diabetes melitus, jantung, kemudian penyakit paru obstruktif kronis (PPOK)," sebutnya.

Selain itu yang juga menjadi perhatian adalah dari segi jenis kelamin. Dari semua pasien COVID-19, kelompok jenis kelamin yang paling rentan terinfeksi adalah laki-laki.

"Kalau kita lihat sekitar 60 persen yang positif adalah orang-orang berjenis kelamin laki-laki, mereka lebih rentan, dan ini adalah gambaran nasional," pungkasnya.



Simak Video "Satgas soal Laporan Kasus Covid-19 di RSCM: Ada Sedikit Peningkatan"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)