Minggu, 10 Mei 2020 06:52 WIB

Terpopuler Sepekan: Tanda Misterius Kim Jong Un dan Spekulasi Body Double

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
kim jong un bekas operasi Tanda misterius di lengan kanan Kim Jong Un (Foto: KCTV)
Jakarta -

Spekulasi seputar kesehatan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, cukup mencuri perhatian dalam sepekan. Mulai dari rumor meninggal, hingga kemunculan pertamanya di depan publik baru-baru ini.

Salah satu video yang beredar terkait kemunculannya usai dirumorkan meninggal adalah saat Jong Un mengunjungi pabrik di Suncheon. Seorang pakar kesehatan dari Amerika Serikat menyebut ada 'tanda misterius' di lengan kanannya.

Tanda yang disebutnya sebagai bekas luka tersebut mengindikasikan sebuah prosedur kardiovaskular. Dugaan ini tak lepas dari rumor sebelumnya yang menyebut Jong Un meninggal usai menjalani operasi jantung, yang terbantahkan dengan kemunculan sang diktator di depan publik.

"Ini seperti radial artery puncture di kanan," kata pakar tersebut kepada NK News, sebuah media yang didanai Amerika Serikat.

Prosedur yang dimaksud, yakni radial artery puncture, merupakan teknik pengambilan darah untuk pemeriksaan. Teknik serupa menurutnya juga dilakukan dalam prosedur pemasangan ring jantung atau stent.

Selain tanda misterius, kemunculan sosok berperawakan mirip Jong Un juga menjadi perbincangan. Sebuah video menunjukkan Jong Un tengah berbincang dengan seseorang yang postur, busana, maupun potongan rambutnya dinilai identik dengan dirinya.

Rumor menyebut, Jong Un memiliki body double yang salah satu fungsinya untuk melindunginya dari upaya pembunuhan. Namun spekulasi liar juga berkembang, bahwa Jong Un yang muncul di depan publik bukan versi yang asli.

Dugaan ini dilontarkan antara lain oleh seorang blogger Jennifer Zeng. Ia membandingkan foto Jong Un saat ini dengan beberapa tahun sebelumnya, yang menurutnya berbeda antara lain pada gigi, kerutan mata, dan lekuk bibir.

"Kim Jong Un yang muncul pada 1 Mei asli?" tulisnya di Twitter.



Simak Video "Suka Tidur dengan Bantal Tinggi? Waspada Gejala Penyakit Jantung"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)