Selasa, 12 Mei 2020 11:30 WIB

Ilmuwan Ungkap Cara Masker Menahan Laju Penyebaran Virus Corona

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Gambaran semburan virus yang dibatasi masker dan yang tidak. Gambaran semburan virus saat menggunakan masker dan yang tidak. (Foto: Tangkapan layar dari Twitter)
Jakarta -

Dalam mencegah penyebaran virus Corona COVID-19, berbagai peraturan pun mulai diberlakukan. Mulai dari aturan jaga jarak sampai penggunaan masker yang dianggap sangat membantu menguranginya.

Untuk membuktikan keefektifan masker dalam menahan tetesan yang bisa menularkan virus, para ilmuwan dari University College Dublin menguji berbagai jenis masker. Ini dibandingkan dengan yang tidak menggunakan masker sama sekali.

Hasilnya, mereka menemukan bahwa pemakaian masker FFP3, masker bedah, dan masker pelindung lainnya bisa mencegah penyebaran virus. Ini karena semburan yang disebabkannya tidak menyebar luas.

Dikutip dari The Sun, para ilmuwan mengambil video dengan kamera berkecepatan dan resolusi tinggi, untuk menangkap bagaimana masker bisa menghentikan penyebaran virus lewat tetesan. Pada gambar tersebut, partikel biru dan hijau menunjukkan virus Corona dan abu-abu menandakan udara yang ada di sekelilingnya.

Dari gambar tersebut, masker FFP3 yang sering dipakai oleh petugas medis terbukti sangat bagus dalam menahan tetesan dan penyebaran virus. Sementara pada masker bedah kurang efektif, karena masih banyak partikel virus Corona yang menyebar ke udara.

Mereka juga mengatakan bahwa menutup dengan siku pun juga cukup efektif dan hampir serupa dengan penggunaan masker. Penggunaan alat-alat pelindung tersebut sangat jauh lebih efektif dibandingkan tidak menggunakan penutup sama sekali, karena virus sangat mungkin menyebar di udara dan menularkan orang lain.

"Menggunakan masker akan jauh lebih efektif dibandingkan hanya menjaga jarak saja dengan orang lain," kata penasihat utama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), David Heymann.



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)