Selasa, 12 Mei 2020 12:38 WIB

Anjuran Antar-Terima Paket Belanja Online Saat Pandemi Corona

Ayunda Septiani - detikHealth
Shopping online concept - Shopping service on The online web. with payment by credit card and offers home delivery. parcel or Paper cartons with a shopping cart logo on a laptop keyboard BPOM keluarkan anjuran antar-terima belanjaan online. (Foto: iStock)
Jakarta -

Sejak pandemivirus CoronaCOVID-19 merebak, pergerakan manusia menjadi terbatas. Perilaku masyarakat pun berubah, banyak dari mereka yang beralih menggunakan jasa belanja online untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

Apa yang harus dilakukan ketika ingin mengirim paket? Dalam penerapan sistem layanan pesan-antar, pelaku usaha ritel pangan dapat mengantarkan pesanan oleh pihaknya sendiri atau menggunakan pihak ketiga. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses mengantarkan pesanan dapat mencegah penyebaran COVID-19 dikutip dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI:

- Menjamin kondisi setiap kemasan pangan yang dipesan tetap utuh dan tidak rusak selama pengiriman hingga sampai pada penerima.

- Pangan dikemas dengan kemasan yang baik/aman dan tertutup sehingga mencegah kontaminasi dan menjamin keamanan pangan.

- Menjaga kondisi pengiriman misalnya, suhu dan pelindung bubble wrap sesuai dengan karakteristik produk pangannya seperti pangan beku, pangan yang mudah hancur.

- Memastikan sarana pengantaran pangan yang akan digunakan dalam kondisi bersih dan aman digunakan.

- Petugas pengirim harus menerapkan higiene, menggunakan APD yang sesuai, sekurang-kurangnya menggunakan masker dan sarung tangan.

- Setiap akan melakukan pengiriman, petugas pengiriman harus dicek kondisi kesehatannya.

- Memastikan tersedia panduan pencegahan COVID-19 bagi pengemudi dan dipahami oleh pengemudi.

Apabila pengiriman pesanan dilakukan oleh pihak ketiga, maka pelaku usaha ritel pangan harus melakukan upaya untuk mencegah penyebaran COVID-19 dari petugas pihak ketiga dengan:

- Melakukan pengecekan suhu tubuh petugas dari pihak ketiga yang akan mengambil pesanan.

- Mengingatkan petugas dari pihak ketiga untuk menggunakan APD yang sesuai, minimal masker, sarung tangan dan menerapkan personal hygiene.

- Mengontrol jumlah petugas dari pihak ketiga yang akan mengambil pesanan.

- Menerapkan sistem antrian untuk menghindari kerumunan di pintu masuk dan menjaga jarak minimal 1 meter.

- Menerapkan akses khusus untuk petugas dari pihak ketiga, jika memungkinkan.



Simak Video "Brasil Mulai Uji Coba Vaksin COVID-19 Inggris untuk 2 Ribu Partisipan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)