Rabu, 13 Mei 2020 19:00 WIB

Kasus Bocah 4 Tahun Diculik Pedofil Terungkap, Ini Kata Psikolog

Muhammad Anjar Mahardhika - detikHealth
a woman is about to kidnap a child Selama empat tahun sang anak diculik pedofil. (Foto: iStock)
Jakarta -

Polisi berhasil membongkar penculikan seorang bocah perempuan, RTH (12), yang telah dilakukan selama empat tahun. Bocah ini diculik oleh seorang pedofil berinisial JP (48). Pedofil ini juga diketahui memiliki kedekatan dengan kedua orang tua korban.

"Pelaku ini dia mengenal keluarga korban. Ada komunikasi antara pelaku dan keluarga sehingga si anak melihat kedekatan pelaku dengan orang tuanya," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, dalam konferensi pers yang disiarkan di saluran Youtube Tribrata TV, Rabu (13/5/2020).

Menanggapi kasus penculikan ini, psikolog dari Pro Help Center dan juga penulis buku, Nuzulia Rahma Tristinarum mengatakan pelaku mengambil kesempatan karena faktor kedekatan. Pelaku lebih mudah dalam melakukan aksinya karena tidak perlu melakukan pemaksaan terhadap anak yang ingin diculiknya.

"Karena untuk mengajak anak tanpa melakukan pemaksaan butuh effort lebih. Anak perlu diyakinkan dulu. Anak-anak tidak mudah merasa aman dan nyaman dengan orang yang tidak dikenalnya. Sehingga untuk mengajak anak perlu membujuk terlebih dahulu," kata Rahma saat dihubungi detikcom Rabu (13/5/2020).

"Pelaku akan lebih mudah mengajak anak tanpa paksaan jika anak sudah merasa kenal dan dekat dengan diri si anak atau keluarganya," lanjutnya.

Rahma kemudian mengingatkan orang tua harus memberikan pemahaman sedari dini kepada anak tentang orang asing. Kemudian beritahu bagaimana batasan interaksi, sehingga anak tidak mudah percaya kepada sembarang orang walaupun ia terlihat sudah dekat dengan keluarga.

"Misalnya, jika akan pergi dengan selain orang tua (ayah dan bunda) maka harus beritahu orang tua dulu. Sekalipun dengan teman, sahabat, atau saudara tetapi jika perginya tidak bersama orang tua maka harus izin dulu dengan orang tua," tutupnya.



Simak Video "Apa Sih Quarter Life Crisis?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)