Rabu, 13 Mei 2020 19:35 WIB

4 Kemungkinan Seseorang Bisa Jadi Pedofil Menurut Psikolog

Muhammad Anjar Mahardhika - detikHealth
Ilustrasi anak jadi korban kekerasan Sifat pedofilia bisa muncul karena berbagai sebab. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Seorang pedofil berinisial JP alias AS (48) yang menculik dua anak berhasil ditangkap polisi. Selain menculik, ia juga melakukan tindak pencabulan terhadap tetangganya yang juga masih anak-anak.

"Motifnya ya dia senang saja sama anak-anak katanya," ujar Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, dalam konferensi pers yang disiarkan di saluran Youtube Tribrata TV, Rabu (13/5/2020).

Mengutip Health Harvard, pedofilia merupakan kelainan tertarik secara seksual kepada anak-anak di bawah umur yang belum mencapai pubertas.

Psikolog dari Pro Help Center dan juga penulis buku, Nuzulia Rahma Tristinarum menjelaskan seseorang yang menjadi pedofil dapat disebabkan oleh empat faktor penting, salah satunya pola asuh yang salah dari kedua orang tua sejak masih kecil.

Berikut empat penyebab yang memungkinkan seseorang menjadi 'pedofil' menurut Rahma:

- Pola asuh dari kedua orang tua pelaku
- Kejadian traumatis yang pernah dialami pelaku (misalnya dulu saat kecil pernah ada orang lain yang melakukan hal yang sama padanya)
- Seringnya pelaku menonton video pornografi atau melihat hal yang terkait dengan kekerasan seksual pada anak
- Kerusakan pada otak

Rahma menjelaskan seorang pedofil bisa disembuhkan namun dengan proses yang panjang. Menurutnya butuh kesungguhan dari pengidap pedofil itu sendiri untuk sembuh. Selain itu perlu didukung oleh lingkungan yang mendukung kesembuhannya.

"Pedofil bisa disembuhkan, namun perlu proses dan effort yang besar. Karena itu perlu kesungguhan dari pelaku untuk mau sembuh, serta perlu dukungan atau support system yang baik dalam proses kesembuhannya," ujar Rahma saat dihubungi detikcom, Rabu (13/5/2020).



Simak Video "Apa Sih Quarter Life Crisis?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)