Sabtu, 16 Mei 2020 10:12 WIB

Baru Sebulan Bertugas, Menteri Kesehatan Brasil Mengundurkan Diri

Firdaus Anwar - detikHealth
Folder of Coronavirus covid19 2019 nCoV outbreak Brasil jadi sorotan dunia karena penanganannya terhadap wabah Corona. (Foto: Getty Images/iStockphoto/oonal)
Jakarta -

Menteri Kesehatan Brasil, Nelson Teich, mengundurkan diri dari jabatannya hanya dalam kurun waktu satu bulan bertugas. Diduga ini karena pandangannya yang sering berbeda dengan Presiden Brasil Jair Bolsonaro terkait penanganan wabah virus Corona COVID-19.

Nelson diangkat sebagai menteri kesehatan pada 17 April lalu menggantikan Luiz Henrique Mandetta. Kala itu Luiz dipecat oleh Presiden Jair Bolsonaro yang tidak setuju dengan kebijakan pembatasan sosial.

Dikutip dari BBC pada Sabtu (16/5/2020), Nelson tidak menjelaskan spesifik alasannya berhenti. Ia hanya mengucapkan terima kasih karena telah diberi kesempatan dan mengapresiasi para tenaga kesehatan.

Nelsom diketahui menolak permintaan Presiden Jair Bolsonaro memberikan obat klorokuin untuk pasien virus Corona. Obat ini disebut-sebut bisa membantu proses penyembuhan namun Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan belum ada bukti kuat.

Nelson juga terang-terangan tidak terlibat dalam kebijakan pemerintah Brasil yang berusaha kembali menjalankan ekonomi dengan membuka salon kecantikan, pusat kebugaran, dan pangkas rambut.

Menurut data yang dihimpun oleh Research Center Johns Hopkins University, Brasil saat ini memiliki 220.291 kasus virus Corona. Dari jumlah tersebut hampir 15 ribu orang meninggal dunia dan sekitar 85 ribu sembuh.



Simak Video "WHO Kunjungi China Pekan Ini untuk Telusuri Asal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)