Sabtu, 16 Mei 2020 13:25 WIB

Anies Tunggu Angka Penularan Corona di Bawah Satu, Apa Artinya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengumumkan PSBB di DKI Jakarta. (Dok. Pemprov DKI) Foto: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat mengumumkan PSBB di DKI Jakarta. (Dok. Pemprov DKI)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan akan terus menjalankan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) sampai angka penularan virus Corona COVID-19 di bawah angka satu. Menurutnya saat ini angka penularan virus Corona di Jakarta sudah sekitar satu yang artinya tinggal sedikit lagi.

"Saya tidak bisa katakan berapa hari, berapa minggu, saya rasa tidak ada yang bisa mengatakan itu. Tapi kita percayakan pada pendekatan sains, nih. Para epidemiologis ngitung terus, monitor, begitu angkanya 0,7 atau 0,8, kita sudah mulai lega nih dan pada saat itu kita insyaallah mulai easy, mulai melonggarkan (PSBB)," kata Anies dalam dialog dengan Ben Soebiakto di acara Live Stream Fest Vol 3, Sabtu (16/5/2020).

"Nah, kita ini sudah di 1, tinggal turunnya 0,3 atau 0,4 lagi nih, terusin," lanjutnya.

Apa yang disebut angka penularan virus Corona ini?

Dikutip dari New York Times, dalam ilmu epidemiologi ada sebutan "R0" yang mewakili jumlah kasus baru yang bisa timbul dari satu kasus penyakit. Sebagai contoh penyakit dengan nilai R0 2, artinya satu orang yang terinfeksi rata-rata bisa menularkan ke dua orang lain.

Bila R0 suatu penyakit bisa ditekan di bawah angka 1, artinya perkembangan penyakit tersebut dalam populasi mulai menurun.

Dalam kasus wabah Corona, nilai R0 biasanya dijadikan patokan untuk melihat apakah upaya intervensi berhasil sehingga pemerintah bisa mulai melonggarkan pembatasan sosial.



Simak Video "WHO Tak Henti Keluarkan Peringatan soal Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)