Minggu, 17 Mei 2020 20:23 WIB

Warga Thailand Antre Masuk Mal Usai Lockdown Dilonggarkan

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Wabah virus corona telah menyebar ke Timur Tengah dan Eropa. Puluhan ribu orang dilaporkan terinfeksi COVID-19 dan lebih dari 2.800 orang tewas akibat virus itu Warga Thailand antre masuk mal usai longgarkan lockdown. (Foto ilustrasi: AP Photo)
Jakarta -

Mal dan pusat perbelanjaan lainnya kembali dibuka usai Thailand longgarkan lockdown. Para warga Thailand dilaporkan berbondong-bondong mengunjungi mal pada Minggu (17/5/2020).

Pelonggaran pembatasan secara bertahap dilakukan Thailand demi memperbaiki kembali ekonomi di sana usai berjuang melawan pandemi Corona sebelumnya. Meski sudah dilonggarkan, protokol kesehatan di Thailand tetap dijalankan.

Mengutip Channel News Asia, ratusan warga Thailand ini memakai masker dan melewati pemeriksaan suhu sebelum masuk ke mal di Bangkok. Dibukanya kembali pusat perbelanjaan ini berawal dari laporan kasus yang semakin melambat di beberapa pekan terakhir.

Menurut laporan CNA, Thailand hanya mengumumkan tiga kasus baru di hari Minggu dengan total kasus lebih dari 3 ribu. Di pusat kota tertera banyak poster yang menyertakan 'new normal' atau ajakan kehidupan normal yang baru.

Salah seorang pria yang merupakan pengunjung mal di Thailand pun saat itu mengaku sudah tidak benar-benar khawatir dengan penularan Corona karena kasus sudah menurun.

"Secara mental, saya merasa lebih baik karena semua mal sekarang dibuka," kata pria berusia 23 tahun itu kepada AFP.

Pelanggan dan bisnis di Thailand tetap disarankan untuk mematuhi batasan atau social distancing seperti batasan jumlah orang yang diizinkan di dalam ruangan, dan larangan penjualan alkohol di restoran. Sementara bioskop, bagaimanapun, tetap ditutup.



Simak Video "WHO: Lockdown Bukan Solusi"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)