Senin, 18 Mei 2020 13:16 WIB

Hamil di Tengah COVID-19? Ini 3 Tips Bantu Jaga Daya Tahan Tubuh

Abu Ubaidillah - detikHealth
Pregnant woman drinking glass of milk copy space. Young expectant lady enjoying healthy drink. Healthcare, nutrition, vitamins, pregnancy concept Foto: iStock
Jakarta -

Kehamilan yang berlangsung di tengah pandemi COVID-19 membuat kesehatan ibu hamil harus benar-benar diperhatikan. Bukan hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk bayi dalam kandungan.

Menurut Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur, kekebalan janin dalam kandungan sangat tergantung pada ketahanan fisik ibu saat hamil. Sebab, jika ibunya terinfeksi beberapa penyakit maka akan berdampak pada bayinya.

"Jadi memang pada saat hamil ini perlu sekali menjaga ketahanan tubuh seperti pola hidup bersih sehat sehingga tidak terinfeksi oleh bakteri virus dan kuman lain baik berasal dari udara maupun dari makanan dan minuman," ujar dr Muliaman kepada detikHealth baru-baru ini.

Selain menjaga pola hidup bersih seperti yang dijelaskan dr Muliaman, ada beberapa cara lain menjaga daya tahan tubuh atau ketahanan fisik untuk ibu hamil selama pandemi COVID-19 seperti dilansir dari FirstCry Parenting sebagai berikut.

1. Istirahat yang Cukup

Tubuh juga perlu istirahat dengan baik selama masa kehamilan, terlebih untuk meningkatkan imunitas. Selama hamil, tubuh bergerak lebih aktif baik secara fisik, emosional, dan fisiologis. Berikan istirahat yang cukup pada tubuh sehingga kekebalan tubuh pun terjaga.

2. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Ibu hamil disarankan untuk selalu memenuhi kebutuhan air. Dalam sehari, pastikan untuk selalu mengonsumsi 8 hingga 12 gelas air sehari. Ini akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh selama masa pandemi.

3. Pastikan Asupan Makanan Bergizi Terpenuhi

Saat hamil, banyak yang ngidam dan ingin makan-makanan yang aneh. Namun ibu hamil harus selalu memperhatikan asupan makanannya tetap bergizi.

"Ibu hamil dan menyusui membutuhkan nutrisi dan kalori yang berlebih dibandingkan saat tidak hamil. Kalori sendiri juga ada tanbahan sekitar 300-500 kcal saat hamil dan menyusui," terang dr Muliaman.

dr Muliaman juga menambahkan, nutrisi penting yang diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh adalah karbohidrat sebagai sumber tenaga, protein untuk membentuk antibodi, dan vitamin serta mineral untuk membantu sel-sel di saluran pernafasan dan cerna agar tidak mudah terinfeksi virus dan bakteri.

Selain itu juga dapat didukung dengan mengonsumsi PRENAGEN Mommy untuk membantu melengkapi kebutuhan energi dan zat gizi ibu hamil serta calon buah hati.

PRENAGEN Mommy merupakan nutrisi lengkap gizi selama 1000 HPK (hari pertama kehidupan) dengan Formula PRENAPro untuk menjaga stamina ibu lebih fit selama menjalani kehamilan sehingga janin lahir sempurna dan cukup umur yaitu 40 minggu dengan beratnya sesuai standar 2,5-4 kg.



Simak Video "Proses Melahirkan hingga Menyusui pada Ibu Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)