Senin, 18 Mei 2020 19:30 WIB

Usus, Ginjal, dan Organ Lain yang Disebut Bisa Terinfeksi Virus Corona

Ayunda Septiani - detikHealth
ilustrasi kanker rumah sakit Virus Corona tak hanya bisa menyerang saluran pernapasan. (Foto: iStock)
Jakarta -

Virus Corona penyebab COVID-19 tidak hanya menyerang paru-paru dan saluran pernapasan. Studi terbaru menunjukkan, virus Corona dapat menginfeksi organ di seluruh tubuh seperti jantung, hati, otak, ginjal dan usus.

Temuan ini menjadi alasan COVID-19 menimbulkan banyak gejala yang berbeda pada setiap orang. Beberapa gejala yang tak terlalu umum diketahui sangat beragam mulai dari diare, gatal-gatal, pembekuan darah, hingga gagal ginjal.

Penelitian dari Jie Zhou dan rekan-rekannya di Universitas Hong Kong mendapati virus menyebar dan berkembang serta bereplikasi di usus.

"Saluran usus manusia mungkin merupakan rute transmisi SARS-CoV-2," tulis peneliti dalam laporan yang diterbitkan di Nature Medicine.

Sementara studi lainnya yang dilakukan oleh para peneliti dari University Medical Center Hamburg-Eppendorf, Jerman, menemukan virus Corona pada berbagai organ pasien COVID-19 yang telah meninggal dunia. Temuan ini didapat setelah peneliti melakukan autopsi pada 27 pasien yang sudah meninggal dunia.

"SARS-CoV-2 dapat dideteksi di banyak organ, termasuk paru-paru, faring, jantung, hati, otak, dan ginjal," tulis peneliti dalam laporan yang diterbitkan di New England Journal of Medicine.



Simak Video "Brasil Mulai Uji Coba Vaksin COVID-19 Inggris untuk 2 Ribu Partisipan"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)