Kamis, 21 Mei 2020 13:19 WIB

Sempat Akan Dilelang Sarah Salsabila, Apa Sih Ciri-ciri Keperawanan?

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Sarah Salsabila lelang keperawanan Heboh lelang keperawanan Sarah Salsabila (Foto: Dok. Instagram Sarah Salsabila)
Jakarta -

Bikin heboh jagat maya, selebgram Sarah Salsabila sempat akan melelang keperawanannya untuk menggalang dana terkait virus Corona COVID-19. Menurut dokter, bakal sulit membuktikan keperawanan karena tidak ada ciri spesifik yang bisa dikenali. Bahkan, definisi keperawanan sendiri juga kontroversial.

Menurut dokter kandungan dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, dr Dinda Derdameisya, SpOG, secara fisik bisa dokter bisa menilai kondisi selaput dara seseorang. Tetapi, selaput dara yang sudah robek juga tak bisa langsung dikatakan bahwa ia tidak perawan.

"Secara anatomi jika perempuan sudah berhubungan badan biasanya terjadi robekan pada selaput dara. Tapi, tidak serta merta perempuan yang selaput daranya robek diakibatkan oleh berhubungan seks, bisa saja karena trauma," kata dr Dinda kepada detikcom, Kamis (21/5/2020).

Sementara itu, dr Poedjo Hartono, SpOG(K), seorang dokter kandungan dari Rumah Sakit Premier Surabaya mengatakan tidak ada ciri-ciri khusus yang menandakan seorang wanita masih perawan atau tidak.

"Nggak ada, sama saja, kalau dibilang perawan atau tidak kan nggak tahu. Wanita yang sudah menikah tetapi tidak melakukan hubungan seks, dan sudah nenek-nenek juga dibilangnya masih perawan," ucap dr Poedjo, Kamis (21/5/2020).



Simak Video "Pemeriksaan Spesimen Covid-19 di Indonesia Capai Rekor Tertinggi"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)