Jumat, 22 Mei 2020 07:48 WIB

Komplikasi Misterius Terkait Corona Juga Muncul Pada Orang Dewasa Muda

Firdaus Anwar - detikHealth
Positive blood test result for the new rapidly spreading Coronavirus, originating in Wuhan, China Sindrom peradangan misterius juga dilaporkan pada pasien dewasa. (Foto: iStock)
Jakarta -

Komplikasi peradangan misterius terkait virus Corona COVID-19 awalnya dilaporkan muncul pada anak-anak. Beberapa ahli menyebut komplikasi ini mirip seperti sindrom penyakit Kawasaki dan hal ini tengah diinvestigasi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Namun, belakangan muncul juga laporan bahwa komplikasi peradangan misterius yang sama terjadi pada pasien dewasa muda di usia 20-an. Dokter di Amerika Serikat (AS) menyebut pada kelompok dewasa gejalanya lebih parah dari anak-anak karena respons sistem imun yang lebih kuat.

"Mereka yang lebih tua memiliki gejala lebih parah," kata ahli penyakit infeksi dr Jennifer Lighter dari NYU Langone Medical Center, dikutip dari Live Science pada Jumat (22/5/2020).

Pada anak-anak, penyakit Kawasaki muncul dengan gejala demam, ruam, mata memerah, hingga pembengkakan pada pembuluh darah. Sementara pada kelompok pasien yang lebih dewasa dokter melaporkan gejala melibatkan juga organ lain seperti jantung dan hati.

Peneliti penyakit Kawasaki dari University of California, Jane Burns, khawatir fenomena ini luput dari pantauan. Alasannya karena tidak semua dokter yang menangani pasien dewasa mungkin pernah melihat atau mengenal kondisi penyakit Kawasaki.

"Ini adalah penyakit yang biasanya muncul pada anak-anak," kata dr Jane seperti dikutip dari Washington Post.



Simak Video "WHO Sebut 3 Tempat yang Mudah Tularkan Virus Corona "
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)