Minggu, 24 Mei 2020 11:01 WIB

China Berencana Gunakan Vaksin Corona Meski Uji Coba Belum Rampung

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Vaksin virus corona: Vaksin disebut bisa melatih kekebalan tubuh melawan virus corona dalam uji coba tahap pertama di AS China berencana lakukan vaksinasi Corona di akhir tahun. (Foto: BBC Magazine)
Jakarta -

China tengah berencana untuk memberikan beberapa kelompok orang vaksin COVID-19 di akhir tahun ini, walaupun jika saat itu uji coba belum rampung.

Kepala pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit China Gau Fu mengatakan Departemen Program Imunisasi Nasional sedang menyusun pedoman untuk menentukan siapa yang menerima vaksin. Dengan jumlah infeksi harian yang dilaporkan di China yang makin menurun tiap harinya, pengembang vaksin disebut akan menyelesaikan uji coba tahap akhir sesegera mungkin.

"Program Imunisasi Nasional memperhatikan dengan seksama dan mempelajari populasi mana yang dapat menerima suntikan (vaksin) dan kapan harus mendapatkannya dan apa mungkin digunakan dalam penggunaan darurat," kata Gao di sela-sela Konferensi Konsultatif Politik Rakyat Tiongkok di Beijing dikutip dari SCMP.

"Saya percaya kami akan memutuskan berdasarkan situasi tertentu karena kami tidak akan mengikuti protokol yang biasa, jika (COVID-19) tak kunjung hilang. Kita juga tidak dapat (memutuskan) berdasarkan pada pengetahuan kita tentang coronavirus karena virus ini sangat unik," sambungnya.

SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, adalah virus Corona yang ketujuh yang diketahui. Enam lainnya dapat menyebabkan infeksi fatal, seperti sindrom pernapasan akut dan sindrom pernapasan Timur Tengah, atau penyakit yang jauh lebih ringan seperti pilek biasa.

Vaksinasi secara luas dipandang sebagai satu-satunya solusi medis yang dapat mengakhiri pandemi Covid-19, yang telah menginfeksi lebih dari 5,3 juta orang dan membunuh lebih dari 340.000 di seluruh dunia.

Sementara ada lebih dari 120 kandidat yang sedang dikembangkan, sebuah vaksin yang dikembangkan bersama oleh CanSino yang berbasis di Tianjin dan Akademi Ilmu Kedokteran Militer, adalah yang pertama di China yang memasuki uji coba manusia fase-ganda yang dikontrol plasebo untuk melihat efektivitas vaksinnya.



Simak Video "Rusia Klaim Sukses Selesaikan Uji Klinis Vaksin Corona pada Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)