Selasa, 26 Mei 2020 10:30 WIB

Lab Wuhan Punya Tiga Jenis Virus Corona dari Kelelawar, Beda dari COVID-19

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Apakah Virus Corona Berasal dari Laboratorium di Wuhan? Lab Wuhan punya tiga jenis Corona dari kelelawar, beda dari COVID-19. (Foto: DW (News)
Jakarta -

Laboratorium Wuhan, China, yang sempat dituduh sebabkan wabah virus Corona COVID-19 mengaku memiliki tiga jenis virus Corona dari kelelawar. Namun pihaknya bersikeras ketiganya bukan menjadi sumber pandemi global virus Corona COVID-19.

Mengutip New York Post, Institut Virologi Wuhan sejak tahun 2004 telah mengisolasi dan memperoleh beberapa jenis virus Corona dari kelelawar. Hal ini disampaikan direktur institut tersebut, Wang Yanyi, dalam sebuah wawancara yang disiarkan Sabtu, menurut Agence France-Presse.

"Sekarang kami memiliki tiga jenis virus hidup. Tetapi kesamaan tertinggi mereka dengan SARS-CoV-2 hanya mencapai 79,8 persen," kata Yanyi, merujuk pada jenis virus Corona yang menyebabkan COVID-19.

"Ini perbedaan yang jelas," lanjut Yanyi menurut laporan AFP.

Yanyi menolak tudingan bahwa pandemi Corona dimulai dari laboratorium Wuhan. Ilmuwan di Institut Virologi Wuhan ditegaskan tidak pernah menemukan, meneliti, atau menyimpan virus Corona COVID-19 sampai pada akhirnya menerima sampel COVID-19 di 30 Desember lalu. Tepat ketika virus Corona secara tidak sadar telah mewabah di Wuhan.

"Faktanya, seperti orang lain, kami bahkan tidak tahu virus itu ada," ujar Yanyi tentang virus Corona COVID-19 telah menginfeksi lebih dari 5,3 juta orang di seluruh dunia.

"Bagaimana itu bisa bocor dari lab kita ketika kita tidak pernah memilikinya?," tegas Yanyi.



Simak Video "Apakah Jenis Virus Corona di Indonesia Sama dengan di Wuhan?"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)