Rabu, 27 Mei 2020 11:33 WIB

New Normal Segera Diterapkan, Tingkatkan Sistem Imun dengan Cara Ini

Lusiana Mustinda - detikHealth
Young couple running in the city New normal dan tingkatkan sistem imun. Foto: Getty Images/RgStudio
Jakarta -

Pemerintah menerapkan kebijakan physical distancing dan WFH yang mengharuskan masyarakat beraktivitas di rumah termasuk bekerja dan sekolah untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Namun di sisi lain, kebijakan ini berdampak negatif pada perekonomian Indonesia.

Pemerintah pun mulai mensosialisasikan new normal. New normal adalah fase kehidupan baru di mana publik akan menjalankan aktivitas secara normal dengan mengedepankan protokol pencegahan virus corona.

Tentunya tetap harus menggunakan masker, mengurangi kontak fisik, jaga jarak, rajin mencuci tangan dan menjaga kebersihan. Untuk menghadapi fase new normal tentu kita juga harus meningkatkan sistem imunitas.

Berikut cara meningkatkan sistem imun agar terhindar dari berbagai virus :

1. Menjalankan Gaya Hidup Sehat

New normal dan tingkatkan sistem imun.New normal dan tingkatkan sistem imun. Foto: Getty Images/iStockphoto

Dikutip dalam health.harvard.edu, garis pertahanan pertama untuk meningkatkan sistem imun adalah dengan memilih gaya hidup sehat. Jika setiap bagian tubuh kita, termasuk sistem pertahanan tubuh berfungsi dengan baik tentu tubuh kita tak mudah diserang oleh virus.

- Jangan merokok
- Konsumsi makanan buah dan sayur
- Tidur yang cukup
- Ambil langkah-langkah untuk menghindari infeksi, seperti sering mencuci tangan dan memasak daging dengan saksama
- Meminimalkan stres

2. Konsumsi Makanan Sehat

New normal dan sistem imunitas.New normal dan tingkatkan sistem imunitas. Foto: iStock

Pejuang sistem kekebalan yang sehat membutuhkan makanan yang baik dan teratur. Ada beberapa bukti bahwa berbagai defisiensi mikronutrien misalnya defisiensi seng, selenium, besi, tembaga, asam folat dan vitamin A, B6, C dan E mengubah respons imun pada hewan, sebagaimana diukur dalam tabung reaksi.

Namun, dampak dari perubahan sistem kekebalan ini pada kesehatan hewan kurang jelas, dan efek dari kekurangan serupa pada respon imun manusia belum dinilai.

Sehingga yang perlu diperhatikan adalah mengonsumsi sayur dan buah. Selain itu bisa juga mengonsumsi vitamin untuk menjaga kesehatan tubuh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa buah-buahan dan sayuran seperti beta karoten, vitamin C, dan vitamin E yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Karena banyak sayuran, buah-buahan dan makanan nabati lainnya juga kaya antioksidan, mereka membantu mengurangi stres oksidatif.


3. Mengelola Stres dan Fungsi Kekebalan Tubuh

new normal dan tingkatkan sistem imun.new normal dan tingkatkan sistem imun. Foto: shutterstock

Berbagai penyakit seperti sakit perut, gatal-gatal, dan bahkan penyakit jantung terkait dengan efek stres emosional. Dengan mengelola stres secara baik, tentu akan membuat sistem imun meningkat.

4. Tidur Cukup

New normal dan tingkatkan sistem imun.New normal dan tingkatkan sistem imun. Foto: iStock

Dikutip dalam pcrm.org, tubuh kita perlu istirahat dan memulihkan tenaga. Kurangnya tidur bisa meningkatkan risiko untuk mengembangkan masalah kesehatan yang serius seperti jantung, alzheimer dan obesitas.

Beberapa studi menemukan bahwa mereka yang tidur kurang dari lima jam per malam lebih mungkin untuk menderita flu dibandingkan dengan mereka yang tidur cukup.

Konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacang yang sehat ke dalam makanan. Salah satu studi menemukan bahwa diet yang kaya serat dan rendah lemak jenuh dapat menyebabkan tidur lebih berkualitas.

Jadi, kita siapkan new normal dengan menjaga sistem imunitas agar terhindar dari virus covid-19.



Simak Video "Tips Hadapi Kehidupan di Era New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)