Rabu, 27 Mei 2020 14:22 WIB

Kenali Nutrisi untuk Kesehatan Kulit dan Imunitas Cegah COVID-19

Akfa Nasrulhak - detikHealth
kulit sehat Foto: shutterstock
Jakarta -

Imun tubuh yang kuat bisa melindungi Anda dari infeksi COVID-19. Untuk meningkatkan imun tubuh, Anda harus mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin lengkap dan gizi seimbang. Di antaranya adalah vitamin A dan E.

Kedua vitamin tersebut bukan hanya untuk kesehatan kulit, melainkan juga untuk meningkatkan imunitas. Head of Medical Kalbe Nutritionals dr Muliaman Mansyur menjelaskan, hubungan antara kesehatan kulit dengan daya tahan tubuh yang paling sederhana dapat dilihat dari bagaimana kulit dapat mencegah dan melindungi Infeksi langsung dari virus, bakteri dan jamur.

"Kulit sebagai penangkal polusi dan debu serta yang terpenting kulit melindungi diri dari paparan sinar matahari atau UV. Sebagai informasi sistem imun yang terdapat dalam kulit terletak pada dua struktur utama kulit, yakni epidermis dan dermis," jelas dr Muliaman kepada detikHealth, baru-baru ini.

Adapun vitamin A, lanjut dr Muliaman, mempunyai peranan penting dalam pemeliharaan sel epitel. Sel epitel merupakan salah satu jaringan tubuh yang terlibat di dalam fungsi imunitas untuk pertahanan fisik seperti kulit, selaput lendir, dan silia saluran napas.

"Kalau kekurangan dari vitamin A maka membuat kulit menjadi kering dan juga membuat sel epitel-nya terinfeksi oleh virus dan bakteri," imbuhnya.

Sementara vitamin E, dalam sistem imun berperan sebagai antioksidan yang melindungi membran sel, secara langsung juga menjaga permeabilitas membran. Gizi integritas membran sel ini sangat mempengaruhi fungsi imunitas terutama sel-sel imun.

"Pada kulit, vitamin E dapat melindungi dari radikal bebas, terutama lipid (zat lemak) pada sel kulit. Lipid kulit rentan terhadap kerusakan internal maupun eksternal, terutama dari paparan sinar UV dan polutan. Sebagai antioksidan yang larut dalam lemak, vitamin E sangat efektif dalam menangkal potensi kerusakan lipid kulit. Disamping itu, vitamin E juga mencegah kerontokan rambut," bebernya.

Selain vitamin A dan E, tentunya ada nutrisi tertentu yang sama dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta kesehatan kulit seperti vitamin C, Selenium dan antioksidan. Nutrisi tersebut bisa didapat dari Diva Beauty Drink, suplemen yang mengandung 1.000 mg kolagen.

Selain mengandung kolagen, Diva juga mengandung superfruits yang kaya antioksidan dan juga mengandung vitamin E dan selenium untuk daya tahan tubuh selain untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Konsumsi suplemen ini agar kulit tetap terawat dan tubuh tetap sehat di tengah pandemi ini.



Simak Video "Makan Gorengan Berlebihan Bisa Bikin Kulit Cepat Tua Lho!"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)