Kamis, 28 Mei 2020 07:30 WIB

Masuk Era New Normal, Kapan Harus Pakai Sarung Tangan Lateks?

Ayunda Septiani - detikHealth
Sarung Tangan Kapan harus pakai sarung tangan lateks? (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Di masa pandemi virus Corona COVID-19, banyak masyarakat sadar akan pentingnya kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Mulai dari memakai masker saat di luar rumah, cuci tangan setiap habis menyentuh barang, hingga pakai sarung tangan ketika berbelanja ke supermarket.

Ahli Mikrobiologi dan Profesor Departemen Ilmu Lingkungan dan Kesehatan Kerja Universitas Washington, Marilyn Roberts, mengatakan risiko yang terjadi dari penularan penyakit itu adalah saat seseorang menyentuh wajah mereka baik menggunakan sarung tangan maupun tidak menggunakan.

"Masalah terbesar adalah bahwa seseorang tertulari COVID-19 dari orang lain. Mereka tidak mengambilnya secara langsung," ujar Roberts, dikutip dari Fox News.

Dikutip dari situs Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan memakai sarung tangan saat membersihkan ruangan dengan disinfektan atau saat merawat orang yang sakit.

1. Saat menyemprotkan disinfektan

Biasanya tercantum pada label produk, memakai sarung tangan dianjurkan saat menyemprotkan disinfektan, baik sarung tangan sekali pakai atau sarung tangan yang bisa dipakai berulang. Lalu, cuci tangan setelah melepas sarung tangan yang terkena semprotan disinfektan.

2. Merawat orang sakit

Gunakan sarung tangan sekali pakai saat menyentuh atau melakukan kontak dengan darah, tinja, atau cairan tubuh, seperti air liur, lendir, muntah, dan urin.

Setelah menggunakan sarung tangan sekali pakai, buang ke tempat sampah. Jangan desinfeksi atau gunakan kembali sarung tangan tersebut. Cuci tangan setelah melepas sarung tangan.

3. Tidak dipakai untuk ke supermarket

Menggunakan sarung tangan misalnya, saat belanja keperluan dapur ke supermarket, ini belum tentu bisa melindungi diri terpapar virus Corona COVID-19.

Cara terbaik untuk melindungi diri dari kuman dan virus adalah dengan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir secara teratur selama 20 detik.



Simak Video "WHO Sebut Pandemi Corona Tahun Kedua Lebih Buruk"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)