Kamis, 28 Mei 2020 09:33 WIB

Sepele tapi Penting! Begini Cara Pakai Masker Kain yang Benar

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Masker Kain dari Brand Lokal yang Bisa Dipakai Ulang Cara pakai masker kain yang benar. (Foto: Instagram)
Jakarta -

Memasuki era 'new normal' atau kehidupan normal yang baru, masker kain telah menjadi kebutuhan sehari-hari dalam beraktivitas di luar rumah. Cara menggunakan masker kain pun tidak bisa sembarangan.

Meski terdengar sepele, masker kain perlu digunakan dengan baik. Sebab, bakteri dan virus akan berkumpul di masker, dan tanpa disadari kamu bisa terkena penyakit dari masker yang kamu kenakan.

Berikut ini adalah cara mengenakan masker yang benar agar terhindar dari penyakit, dikutip detikcom dari panduan Badan Obat dan Pengawasan Makanan (BPOM) dalam pencegahan COVID-19, Kamis (28/5/2020).

1. Bersihkan tangan

Sebelum menggunakan masker kain, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer berbasis alkohol.

2. Masker harus menutupi hidung dan mulut

Pastikan bagian hidung dan mulut tertutup dengan baik tanpa ada celah antara wajah dan masker. Masker kain sebaiknya tidak digunakan lebih dari empat jam.

3. Jangan sentuh masker

Hindari menyentuh masker ketika digunakan. Jika masker kain tersentuh, kembali bersihkan tangan dengan sabun atau hand sanitizer berbasis alkohol.

4. Buka dari belakang

Saat membuka masker hindari menyentuh bagian depan. Bukalah dari tali belakang, setelah selesai sebaiknya kembali bersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik.



Simak Video "WHO Sebut Butuh Waktu Lama untuk Kembali ke Kehidupan Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)