Kamis, 28 Mei 2020 13:07 WIB

Enak Sih, tapi 3 Makanan Khas Lebaran Ini Bikin Kolesterol Naik

Faidah Umu Sofuroh - detikHealth
Kue lebaran Foto: Shutterstock
Jakarta -

Momen Lebaran identik dengan berbagai makanan dan kue-kue lezat untuk menjamu tamu serta saudara yang datang bersilaturahmi ke rumah. Setelah sebulan penuh berpuasa, banyak dari kita menjadikan momen Lebaran sebagai ajang memuaskan diri untuk memanjakan perut dan lidah.

Eits, tapi jangan sampai berlebihan makan saat Lebaran, ya. Sebab, ada beberapa makanan khas Lebaran yang mengandung kolesterol tinggi dan tidak baik bagi tubuh. Berikut beberapa makanan khas Lebaran berkolesterol tinggi yang detikHealth lansir dari berbagai sumber.

Opor Ayam

Opor ayam lengkap dengan ketupat menjadi makanan yang wajib ada di setiap momen Idul Fitri. Makanan berbahan dasar ayam dengan beragam rempah dan santan ini memang terasa lezat apalagi ketika masih hangat.

Namun, di balik kelezatannya ada bahaya yang mengancam jika dikonsumsi terlalu banyak. Untuk opor ayam, sebaiknya hindari daging yang berlemak seperti kulit ayam. Jadi jika ingin makan opor ayam, selain batasi porsinya, pilih juga bagian daging ayamnya saja.

Kue Nastar, Kastengel, Putri Salju

Meski bentuknya mungil, kue Lebaran seperti nastar, kastengel dan putri salju ternyata juga memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. Bagaimana tidak? Aneka kue khas Lebaran itu pada umumnya dibuat dengan tambahan telur. Bahkan putihnya telurnya terkadang tidak digunakan, hanya kuning telurnya saja yang memang dikenal memiliki kandungan kolesterol sangat tinggi.

Rendang

Makanan khas Sumatera Barat ini masih jadi primadona kala Lebaran tiba. Rendang daging memang menjadi makanan yang pasti tersaji di meja saat momen Idul Fitri. Namun, daging merah ini juga dikenal mengandung kolesterol yang cukup tinggi, terlebih dengan tambahan santan di dalamnya.

Itu dia beberapa makanan khas Lebaran yang mengandung kolesterol tinggi. Kendati berkolesterol, kamu tetap boleh memakannya dengan catatan tidak terlalu banyak, ya.

Nah, supaya makan makanan Lebaran apapun tetap enak dan tak khawatir kolesterol naik, kamu bisa imbangi dengan sayur serta buah-buahan. Selain itu, kamu juga bisa bantu turunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh dengan minum Nestle ACTICOR setelah makan makanan Lebaran.

Nestle ACTICOR merupakan minuman mengandung susu dengan serat pangan larut Beta Glucan dan Inulin. Kandungan Beta Glucan dan Inulin teruji klinis mampu menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Beta Glucan dan Inulin juga mampu memperbaiki profil LIPID dengan mempengaruhi LIPID dan asam empedu.

Nestle ACTICOR juga terbuat dari bahan alami, rendah lemak dan rasanya pun sangat enak. Ada 4 varian rasa, antara lain avocado, chocolate, green-tea latte, dan banana. Nestle ACTICOR baik dikonsumsi oleh orang dewasa yang peduli akan kesehatan tubuh.

Buat kamu yang suka minuman dingin, Nestle ACTICOR juga bisa dikonsumsi dikombinasikan dengan es batu atau diminum dalam kondisi dingin. Untuk hasil yang optimal, Nestle ACTICOR dianjurkan untuk diminum 2x sehari setelah makan.

Dengan Nestle ACTICOR, kamu bisa menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Jika kolesterol jahat turun, maka akan mengurangi risiko terkena penyakit kolesterol yang jadi pemicu penyakit jantung. Yuk, minum Nestle ACTICOR setiap hari!

Nestle ACTICOR, Cara Alami Turunkan Kolesterol.

(prf/ega)