Kamis, 28 Mei 2020 14:10 WIB

Ini Jenis Vaksin Corona Buatan China yang Berhasil Ciptakan Antibodi COVID-19

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Virus corona: Para pemimpin dunia sepakat galang Rp120 triliun demi ciptakan vaksin virus corona Vaksin Corona yang dikembangkan China sukses hasilkan antibodi COVIF-19. (Foto: BBC World)
Jakarta -

Para ilmuwan tengah mengembangkan vaksin dan obat untuk virus corona. Diketahui saat ini belum ada metode penyembuhan yang pasti bagi pasien COVID-19. Namun ada salah satu kandidat vaksin potensial yang dianggap mampu menangkal Corona, yakni vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan asal China.

Ad5-nCoV adalah vaksin virus Corona pertama yang masuk dalam uji klinis manusia di China. Kandidat vaksin ini dikembangkan oleh perusahaan biofarmasi CanSino Biologics.

Mengutip Precision Vaccination, vaksin Ad5-nCoV adalah kandidat vaksin hasil rekayasa genetika dengan adenovirus tipe 5 replikasi sebagai vektor untuk mengekspresikan protein SARS-CoV-2. Hasil dari studi hewan praklinis Ad5-nCoV menunjukkan bahwa kandidat vaksin dapat menginduksi respon imun yang kuat pada hewan uji coba.

Saat melakukan uji klinis pada manusia, vaksin ini menggunakan adenovirus untuk mengirimkan materi genetik yang berisi kode protein SARS-CoV-2.

Sel-sel yang terinfeksi akan menghasilkan protein virus SARS-COV-2 dan melakukan perjalanan ke kelenjar getah bening, di mana sistem kekebalan tubuh menciptakan antibodi yang akan mengenali protein tersebut dan melawan virus Corona.

Hasil uji klinis fase 1 pada vaksin Ad5-nCoV menunjukkan hasil yang menggembirakan. Dalam studi baru yang diterbitkan di jurnal Lancet, Ad5-nCoV aman digunakan efektif untuk respon kekebalan tubuh setelah diuji pada manusia.

Semua peserta yang diberi dosis vaksin dengan berbagai tingkatan memicu respons kekebalan dalam bentuk antibodi yang mengikat setelah dua minggu vaksinasi. Setelah 28 hari, vaksin Ad5-nCoV tampak ditoleransi dengan baik pada semua dosis tanpa efek samping yang serius pada semua peserta.



Simak Video "Mengenal Ad5-nCov, Vaksin Corona untuk Antibodi COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)