Kamis, 28 Mei 2020 18:12 WIB

Tips Atasi Kulit Kering Akibat Pakai Hand Sanitizer di Era New Normal

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
hand sanitizer Penggunaan hand sanitizer akan lebih umum di era kenormalan yang baru. (Foto: Shutterstock)
Jakarta -

Menjalani kehidupan di era 'new normal' atau kenormalan baru, cuci tangan menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar terhindar dari infeksi virus Corona. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan hand sanitizer.

Mencuci tangan dengan hand sanitizer memang dinilai lebih praktis karena bisa dilakukan di mana dan kapan saja. Tetapi, terlalu sering menggunakan hand sanitizer justru bisa membuat kulit kering.

"Kalau sudah lima kali cuci tangan pakai hand sanitizer itu tangan kita terasa seperti aneh dan kering," kata dokter spesialis okupasi dari departemen ilmu kedokteran komunitas FKUI, Dr dr Dewi Sumaryani Soemarko, MS, SpOk, dalam sebuah wawancara beberapa waktu lalu.

"Ada alkoholnya jadi zat-zat seperti itu ada efek ke kulit yaitu kulit jadi kering. Kalau kulit lebih kering berarti kulit akan mudah luka," lanjutnya.

Dirangkum detikcom dari berbagai sumber, berikut ini adalah cara mengatasi kulit kering akibat keseringan cuci tangan menggunakan hand sanitizer.

1. Pakai pelembab

Gunakan pelembab tangan di saat kondisi kulit masih lembab atau setengah kering. Dengan begitu kamu akan mengunci air dan kelembaban kembali ke dalam kulit.

2. Pilih pelembab dengan bahan ini

Pelembab tangan yang memiliki kandungan ceramides, petrolatum, dan dimethicone sangat disarankan agar kulit tak cepat kering. Sebab, kandungan-kandungan tersebut memiliki sifat oklusif, artinya dapat mengunci kelembaban dengan lebih baik.

Kandungan ceramides, petrolatum, dan dimethicone juga dapat membantu barrier atau lapisan kulit untuk menyimpan air dan mengurangi iritasi.

3. Cuci tangan dengan air dan sabun

Tak bisa dipungkiri mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun selama 20 detik itu jauh lebih baik daripada menggunakan hand sanitizer. Sebab, dengan mencuci tangan menggunakan sabun seluruh celah di tangan bisa dibasuh.

"Cuci tangan pakai sabun, tidak harus hand sanitizer. Jauh lebih efektif menggunakan sabun dibanding menggunakan hand sanitizer," kata juru bicara pemerintah untuk penanganan COVID-19, Achmad Yurianto.



Simak Video "Bersepeda Wajib Gunakan Masker tapi..."
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)