Jumat, 29 Mei 2020 11:31 WIB

Ini yang Harus Dilakukan Jika Lihat Orang Tak Patuh Aturan 'Cegah Corona'

Anjar Mahardhika - detikHealth
Sebuah pasar di Surabaya menerapkan physical  dan social distancing. Penerapan jaga jarak untuk lapak pedangang tertuang dalam aturan PSBB Surabaya jilid 3. Ini yang harus dilakukan jika lihat orang bandel tak ikuti aturan cegah Corona. (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Jakarta -

Salah satu cara mencegah penyebaran virus Corona adalah menjaga jarak. Terlebih hingga saat ini, vaksin untuk virus Corona belum ditemukan. Bukannya mengikuti aturan tersebut, banyak orang yang mulai mengabaikan aturan jaga jarak ini.

Seorang psikologis klinis, Seth Gillihan menyebut banyak orang yang pada akhirnya frustasi atau stres untuk mengikuti aturan dari ahli kesehatan dan pemerintah. Penyebabnya karena dikelilingi oleh orang-orang yang melanggar aturan tersebut.

"Mungkin kamu memakai masker ketika ke tempat umum, sementara banyak orang di sekelilingmu yang tidak menggunakannya. Bahkan beberapa orang tidak menyadari pedoman jaga jarak," kata Gillihan, dikutip dari Medical Daily.

Terdapat beberapa cara untuk membimbing orang di sekitar kamu agar mematuhi pedoman jaga jarak. Pertama lakukan pendekatan dengan orang yang ingin kamu beri tahu untuk menghindari terjadinya kekerasan.

Kedua, beri pemahaman mengenai bahaya tidak menjaga jarak. Orang lain mungkin melanggar jaga jarak atau tidak menggunakan masker karena kurangnya pemahaman mengenai risiko penyebaran virus Corona.

Hal terakhir yang dilakukan adalah tetap di rumah. Hal ini dapat menghindarkan kamu dari frustasi dan stres karena melihat masih banyaknya orang yang tidak mengikuti protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah.



Simak Video "WHO Kunjungi China Pekan Ini untuk Telusuri Asal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)