Senin, 01 Jun 2020 13:00 WIB

Selain Dwi Sasono, 5 Artis Ini Juga Pernah Terciduk Gunakan Ganja

Ayunda Septiani - detikHealth
Dwi Sasono Dwi Sasono diamankan polisi dengan barang bukti ganja. (Foto: Muhammad Ridho)
Jakarta -

Aktor Dwi Sasono ditangkap Polres Jakarta Selatan karena kepemilikan ganja. Polisi mengungkap Dwi Sasono rutin menggunakan ganja.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan awal, Dwi Sasono sudah menggunakan ganja selama satu bulan.

"Hasil pemeriksaan awal yang bersangkutan mengakui pengguna narkotika jenis ganja, rutin hampir satu bulan menggunakan ganja tersebut," ujar Yusri dalam rilis di Polres Jakarta Selatan, Senin (1/6/2020).

Bukan hanya Dwi Sasono, beberapa artis lain juga pernah diamankan polisi karena konsumsi ganja dengan alasan yang berbeda-beda. Berikut rangkuman detikcom beberapa tokoh artis lain yang pernah tersandung kasus serupa Dwi Sasono.

1. Rifat Umar

Artis sinetron yang juga pernah tersandung kasus narkoba adalah Rifat Umar. Ia ditangkap di kamar kos bersama seorang perempuan dengan berbagai jenis ganja di TKP.

Berdasarkan hasil tes urin yang dijalani, Rifat positif menggunakan ganja metamfetamin sedangkan teman perempuannya, Tessa, positif menggunakan amfetamin.

2. Ozzy Albar

Ozzy Albar, putra Ahmad Albar, juga tersandung kasus narkoba. Ia diketahui tidak hanya mengonsumsi ganja dan sabu tapi juga obat penenang. Ozzy mengaku obat penenang itu merupakan rekomendasi dokter.

Urin yang bersangkutan menunjukan positif ganja, metamfetamin atau sabu, dan amfetamin. Obat penenang yang dikonsumsinya disebut benzo yang katanya rekomendasi dokter.

3. Fachri Albar

Artis yang terseret kasus narkoba lainnya adalah Fachri Albar. Hasil tes urin Fachri Albar mengandung metamfetamin dan amfetamin. Putra Ahmad Albar ini ditangkap dengan barang bukti berupa sabu, ganja, dumolid, dan calmlet.

4. Naufal Samudra

Artis lainnya adalah Naufal Samudra. Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat Kompol Ronaldo Maradona Siregar mengatakan, dalam pemeriksaan Naufal mengaku menggunakan cairan sintetis ganja yang dipakai ke rokok elektrik.

5. Jefri Nichol

Jefri Nichol aktor pemeran utama di film Dear Nathan ditangkap atas kepemilikan ganja seberat 6,01 gram. Ganja atau yang juga disebut Marijuana merupakan tanaman yang kerap disalahgunakan. Pemakaiannya diisap seperti rokok.

Ganja dirajang, dikeringkan, lalu dibakar dan diisap seperti tembakau. Senyawa tetrahidrokanabinol (THC) dalam daunnya memiliki efek psikoaktif atau dapat mempengaruhi saraf otak dan kondisi kejiwaan.



Simak Video "Buka Lowongan! Penguji Ganja Profesional Dibayar Rp 500 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)