Rabu, 03 Jun 2020 14:08 WIB

Surabaya Jadi 'Zona Hitam' Corona, Diprediksi Butuh 2 Bulan untuk Kembali Hijau

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Pengendara melintas di spanduk imbauan terkait bahaya Virus Corona (COVID-19) di Pasuruan, Jawa Timur, Selasa (14/4/2020).  Pemerintah Kota Pasuruan terus melakukan upaya preventif untuk mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) dengan memasang sejumlah spanduk di jalan. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/hp. Zona 'hitam' Corona Surabaya diprediksi butuh dua bulan untuk kembali ke hijau. (Foto ilustrasi: ANTARA FOTO/Umarul Faruq)
Jakarta -

Zona 'hitam' di Surabaya dalam peta laporan penyebaran kasus virus Corona COVID-19 ramai diperbincangkan. Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menjelaskan zona 'hitam' sebenarnya warna merah tua yang menandakan banyaknya jumlah kasus virus Corona COVID-19.

"Kemudian ada yang tanya, itu (di peta) kok ada yang hitam. Itu bukan hitam tapi merah tua. Seperti Sidoarjo yang angka kasusnya 500 sekian merah sekali, kalau angkanya dua ribu sekian (seperti di Surabaya) merah tua," kata Khofifah beberapa waktu lalu.

Kepala Departemen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Indonesia, Dr dr Tri Yunis Miko Wahyono, MSc, menjelaskan daerah yang dinyatakan zona 'hitam' butuh waktu lama untuk kembali ke zona hijau. Pasalnya, ada beberapa tahapan yang harus dilalui sebelum kembali ke zona hijau.

"Perkiraan saya butuh satu setengah bulan atau dua bulan bisa ke hijau untuk Surabaya," jelas dr Tri saat dihubungi detikcom Rabu (3/6/2020).

"Paling tidak tahapan untuk turun butuh dua minggu karena kasus (Corona) akan sembuh dalam waktu 10 hari. Semua kasus nggak sembuh bareng-bareng, nggak sakit bareng-bareng kan," lanjut dr Tri.

Lebih lanjut dr Tri menjelaskan perlu adanya penerapan PSBB secara ketat. Sehingga perubahan zona per 2 minggu yang diperkirakan bisa benar-benar terjadi.

"Jadi kalau saat ini hitam, mudah-mudahan 2 minggu kemudian ke merah, 2 minggu kemudian ke kuning 2 minggu kemudian ke hijau, begitu gambarannya, mudah-mudahan kalau penerapan PSBBnya efektif," pungkasnya.



Simak Video "Heboh Jadi 'Zona Hitam' Corona, #SurabayaWani Puncaki Trending Topic"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)