Jumat, 05 Jun 2020 09:46 WIB

Berapa Lama Virus Corona Bertahan di Dalam Tubuh?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Ilustrasi virus Corona Ilustrasi virus Corona. (Foto: Foto: Dok. NIAID (National Institute of Allergy and Infectious Diseases)
Jakarta -

Wabah COVID-19 sampai saat ini masih melanda berbagai negara, termasuk Indonesia. Tak hanya di udara, virus ini disebut mampu bertahan berjam-jam di berbagai permukaan benda yang sering kita sentuh.

Tapi, berapa lama virus itu bisa bertahan di dalam tubuh orang yang terinfeksi?

Para peneliti kemudian mencari tahu lamanya waktu yang dibutuhkan virus saat bertahan di dalam tubuh orang yang terinfeksi. Para peneliti di China mempelajarinya melalui data dari 191 pasien Corona, termasuk 54 pasien meninggal yang dirawat di Rumah Sakit Jinyintan dan Rumah Sakit Paru Wuhan.



Hasilnya, mereka menyimpulkan bahwa RNA virus bisa bertahan hidup di dalam tubuh manusia yang terinfeksi dalam waktu rata-rata 20 hari. Tetapi, virus itu juga bisa bertahan hingga 37 hari atau sekitar 5 minggu.

"Dalam penelitian ini, kami menemukan bahwa RNA SARS-CoV-2 yang terdeteksi bisa bertahan dalam waktu rata-rata 20 hari," tulis penelitian tersebut yang dikutip dari Fox News, Jumat (5/6/2020).

Mereka juga memiliki perbandingan dengan mendeteksi viral load pada spesimen pernapasan, dari sekitar sepertiga pasien selama 4 minggu setelah penyakit muncul. Perbandingan ini dilihat dari sekitar sepertiga pasien selama wabah SARS pada awal tahun 2000-an dan yang terinfeksi MERS.

Hasil yang didapatkan, mereka menemukan durasi deteksi RNA MERS-CoV dalam spesimen pernapasan yang paling rendah bertahan di dalam tubuh. Virus tersebut bisa bertahan selama setidaknya 3 minggu.



Simak Video "WHO Kunjungi China Pekan Ini untuk Telusuri Asal COVID-19"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)