Minggu, 07 Jun 2020 07:00 WIB

Ingin Melahirkan di Rumah karena Takut Corona? Catat, Ini Syaratnya

Ayunda Septiani - detikHealth
Feet of new born Baby in Hands of parents Melahirkan di rumah harus memenuhi beberapa syarat (Foto: Getty Images/iStockphoto)
Jakarta -

Tentunya setiap wanita memiliki hak untuk memilih di mana dia akan melahirkan. Tetapi penting untuk mengambil risiko yang paling rendah terutama dengan penyebaran virus Corona seperti saat ini.

Dokter kandungan dari Rumah Sakit Ibu dan Anak Brawijaya, dr Dinda Derdameisya, SpOG mengatakan, calon ibu yang ingin melahirkan di rumah tetap harus penuhi syarat-syarat yang ditentukan.

"Kalau mau melahirkan di rumah, syarat-syaratnya tetap harus dipenuhi. Harena yang namanya homebirth itu kan harus dipastikan aman dan akses ke rumah sakitnya itu bisa dicapai apabila terdapat kesulitan dalam persalinan. Jadi sama aja, mau pandemi atau nggak kalau homebirth," ujar dr Diana kepada detikcom.

Syarat-syarat homebirth seperti dijelaskan dr Diana antara lain:

  • Rutin periksa sebelum melahirkan, bisa datang ke bidan ataupun dokter.
  • Saat menangani persalinan ada yang mendampingi, orang yang kompeten seperti bidan.
  • Akses dari rumah ke rumah sakit harus dipastikan aman.
  • Jika terjadi kesulitan saat melahirkan di rumah bisa segera dibawa ke rumah sakit.
  • Lakukan screening
  • Jika ingin lakukan lahiran di rumah, harus lakukan screening COVID-nya. Hasilnya bisa ditunjukkan ke rumah sakit yang memang menjadi rujukan, apabila sang terjadi masalah dalam persalinan saat di rumah.

makeup artist


Simak Video "Penyandang Diabetes Tetap Aman Pergi ke RS saat Pandemi Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)