Rabu, 17 Jun 2020 20:30 WIB

Telapak Kaki Sakit? Ini 10 Penyebabnya yang Harus Diketahui

Tim detikHealth - detikHealth
telapak kaki sakit Foto: Getty Images/Yuri_Arcurs/Telapak Kaki Sakit? Ini 10 Penyebabnya yang Harus Diketahui
Jakarta -

Telapak kaki sakit bisa bikin kita menjadi menderita. Kaki membawa kamu dari sana ke sini setiap hari. Namun kamu tidak terlalu memikirkan sampai kakimu sakit.

Untuk mendapatkan perawatan yang tepat, kamu perlu tahu masalahnya. Berikut penyebab telapak kaki sakit dikutip dari Webmd:

1. Sepatu

Sepatu hak tinggi, misalnya, memberi tekanan lebih pada bola kaki. Hindari sepatu hak yang lebih tinggi dari 2 1/4 inci saat kamu akan melakukan banyak jalan kaki. Sandal jepit dan sepatu yang terlalu lancip atau lentur juga bisa menyebabkan sakit kaki. Kamu dapat menghindari ini jika kamu mencocokkan sepatu dengan aktivitas.


2. Terkilir

Terkilir dapat memutar atau merobek ligamen yang menghubungkan tulang kamu satu sama lain, ketika kamu jatuh atau tertabrak. Terkilir bisa terjadi di tengah kaki atau di pangkal ibu jari kaki kamu.

Kaki pun menjadi bengkak dan memar, dan mungkin akan sulit untuk berjalan. Istirahatlah, kompres selama 2 hari pertama. Temui dokter Anda jika masih sakit setelah 2 minggu.

3. Radang Sendi

Banyak jenis radang sendi memengaruhi kaki Anda. Osteoartritis, yang paling umum, terjadi ketika tulang rawan rusak dan memungkinkan tulang bergesekan dengan tulang. Pada rheumatoid arthritis, lupus, dan gangguan autoimun lainnya, sistem kekebalan tubuh kamu menyerang sendi di kaki dan pergelangan kaki sehingga menyebabkan peradangan.

4. Patah Tulang

Kaki kamu terdiri dari banyak tulang kecil. Sangat mudah untuk patah salah satu dari mereka ketika kamu jatuh, kecelakaan, atau saat kamu sedang berolahraga. Kaki kamu kemungkinan akan terasa sakit dan bengkak serta memar.

5. Bunion

Penyebab telapak kaki sakit berikutnya yakni bunion. Bunion adalah benjolan pada ibu jari kaki yang dapat menjadi radang. Penyebab benjolan pemakaian sepatu sempit. Es, alas khusus, dan alas kaki yang lapang semuanya bisa membantu. Dokter mungkin menyarankan operasi pada kasus-kasus serius.

6. Neuropati Perifer

Neuropati perifer merupakan hasil dari kerusakan pada saraf yang menghubungkan sumsum tulang belakang ke kaki. Awalnya dimulai dengan mati rasa, kesemutan lalu berkembang seperti ditusuk. Diabetes adalah penyebab paling umum dari neuropati perifer, tetapi ada juga penyebab lain seperti obat kanker (kemoterapi), gagal ginjal, penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis, bahan kimia beracun, infeksi, dan masalah gizi.

7. Retakan Kecil di Tulang

Berlari, bermain bola basket, tenis, dan olahraga lainnya, dapat menyebabkan retakan kecil pada tulang di bawah jari kaki kamu. Rasa sakit disertai pembengkakan yang menyebabkan cidera. Beristirahatlah selama 6-8 minggu untuk kesembuhanmu. Jika tidak, akan terjadi kerusakan lebih serius yang lebih sulit untuk diobati.

8. Kutil

Pertumbuhan ini sering muncul pada area yang menahan beban seperti tumit dan bola kaki kamu. Kutil terjadi ketika human papilloma virus (HPV) masuk ke tubuh kamu melalui luka atau luka di kulit. Kulit mungkin terasa tebal, sakit, dan lembut. Mereka biasanya pergi tanpa perawatan. Namun komunikasikan dengan dokter jika kamu tidak dapat menghilangkan kutil.


9. Neuroma Morton


Neuroma morton dapat membuat telapak kaki sakit dan membuat kamu seperti berjalan di atas batu atau marmer. Penyakit itu terjadi ketika jaringan di sekitar saraf mulai menebal. Ini bisa memengaruhi jari kaki apa pun, tetapi itu biasa terjadi di antara jari kaki ketiga dan keempat kamu.

Wanita jauh lebih sering mengalami ini daripada pria. Hal ini karena wanita cenderung memakai sepatu dengan ujung runcing dan sepatu hak tinggi yang menekan kaki mereka.

Dokter akan menyarankan kamu istirahat dengan memberikan obat penghilang rasa sakit. Jika perawatan ini tidak membantu, kamu mungkin perlu dioperasi.

10. Achilles

Penyebab telapak kaki sakit berikutnya adalah Achilles adalah tendon tebal yang menghubungkan otot betis ke tumit. Penyebabnya karena keseringan melompat atau jatuh selama olahraga. Kamu pun akan merasakan sakit di bagian belakang kaki bagian bawah. Tumit kamu pun bisa membengkak. Dokter mungkin akan menyarankan operasi dalam kasus-kasus serius.



Simak Video "Pesan Buat Pegowes Pemula dari dr. Falla Adinda"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)