Kamis, 18 Jun 2020 13:33 WIB

Selain Makan, Ini 3 Kebiasaan yang Bantu Tingkatkan Stamina

Abu Ubaidillah - detikHealth
olahraga Foto: shutterstock
Jakarta -

Meningkatkan stamina sangat erat kaitannya dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung karbohidrat. Sebab karbohidrat merupakan sumber energi yang membantu manusia menjalani aktivitasnya dengan lancar.

Menurut Medical Manager Divisi Kalbe Consumer Health PT Kalbe Farma TBK, dr Helmin Agustina Silalahi, untuk bisa beraktivitas dengan baik diperlukan makronutrien (karbohidrat, protein, lemak) dan mikronutrien (vitamin dan mineral) yang bisa diperoleh dari asupan makanan sehari-hari atau dapat dipenuhi dengan tambahan suplemen.

"Karbohidrat merupakan makronutrien yang merupakan sumber energi utama dalam tubuh. Energi sebagai bahan baku utama yang akan membantu menjaga stamina, jadi peranan karbohidrat sangat penting untuk mendukung stamina," ujarnya baru-baru ini kepada detikcom.

Di era new normal ini, selain memperhatikan pola makan, ternyata ada beberapa hal lain yang tak boleh dilewatkan yang bisa membantu meningkatkan stamina seperti dilansir dari Healthline berikut ini.

1. Rutin berolahraga

Olahraga yang konsisten akan membantu membangun stamina Anda. Hasil studi pada 2017 menunjukkan bahwa peserta yang mengalami kelelahan akibat pekerjaan, setelah 6 minggu menjalani olahraga yang rutin mereka mampu meningkatkan kemampuan kerja, kualitas tidur, dan fungsi kognitif.

2. Melakukan yoga

Yoga berperan untuk meningkatkan stamina dan kemampuan mengatasi stres. Studi pada 2016 menyebutkan bahwa 27 mahasiswa kedokteran menghadiri kelas yoga selama 6 minggu dan berhasil meningkatkan daya tahan tubuh, lebih sedikit kelelahan, dan mengontrol tingkat stres dengan lebih baik.

3. Mendengarkan musik

Mendengarkan musik juga dapat meningkatkan efisiensi jantung Anda. 30 peserta ambil bagian dalam sebuah studi dan menunjukkan detak jantungnya lebih rendah saat tidak mendengarkan musik saat berolahraga.

"Saat kelelahan terjadi, seseorang merasa tidak ada energi sehingga tidak ada keinginan untuk beraktivitas sehingga tidak mungkin bisa produktif," paparnya.

Dengan stamina terjaga, keseharian selama new normal dapat tetap dijalani. Selain ketiga aktivitas tersebut, untuk meningkatkan stamina tubuh Anda juga bisa mengonsumsi Fatigon Spirit saat pagi hari untuk bantu memulai hari dan Fatigon Multivitamin saat setelah beraktivitas seharian untuk memulihkan kembali energi yang hilang.

Fatigon Spirit dan Fatigon Multivitamin mengandung multivitamin seperti vitamin B1, B6, dan B12, serta mineral agar aktivitas selama new normal dapat dijalani dengan lancar.



Simak Video "Keren! Anak Perempuan Ini Pecahkan Rekor Yoga"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)