Jumat, 19 Jun 2020 11:18 WIB

Yuk Gerak, Studi Sebut Kebanyakan Duduk Bisa Berisiko Kena Kanker

Achmad Reyhan Dwianto - detikHealth
Ilustrasi orang sedang duduk di sofa Studi sebut terlalu banyak duduk bisa tingkatkan risiko kena kanker. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Duduk bermalas-malasan di atas sofa atau bekerja seharian di depan komputer ternyata bisa meningkatkan risiko terkena kanker lho. Hal ini diketahui dalam penelitian terbaru pada jurnal JAMA Oncology.

"Ini merupakan studi pertama yang secara definitif (pasti) menunjukkan hubungan kuat antara kurang bergerak dengan kematian akibat kanker," kata penulis utama studi, seorang profesor di unit pencegahan kanker University of Texas MD Anderson Cancer Center, Dr Susan Gilchrist, dikutip dari CNN.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang kurang aktif bergerak lebih berisiko meninggal karena kanker hingga 82 persen, dibandingkan dengan mereka yang aktif bergerak.

"Temuan kami menegaskan penting untuk 'duduk lebih sedikit dan bergerak lebih banyak'," jelasnya.


Namun, menurut Gilchrist, risiko ini dapat diturunkan hingga 8 persen dengan cara melakukan aktivitas ringan, seperti jalan-jalan atau hanya sekedar berdiri meregangkan badan setelah 30 menit duduk.

Sedangkan untuk aktivitas intensitas sedang, risiko kanker yang dapat diturunkan adalah 31 persen. Beberapa contoh aktivitas intensitas sedang yang bisa dilakukan, di antaranya bersepeda, jalan cepat, aerobik, dan berkebun.

Selain itu, penerapan gaya hidup sehat, seperti makan-makanan bergizi, olahraga teratur, dan tidak merokok juga bisa menurunkan risiko terkena kanker sebanyak 50 persen.

"Setiap saya mengobrol dengan pasien, saya selalu bertanya mengapa mereka tidak punya waktu untuk berolahraga," ujarnya.

"Saya menyarankan mereka untuk berdiri selama 5 menit setiap jam di tempat kerja atau sekedar berjalan-jalan naik tangga. Mungkin terdengar sepele, tetapi penelitian ini memberitahu kita bahwa aktivitas ringan sekalipun memiliki manfaat agar terhindar dari risiko kanker," tuturnya.



Simak Video "Pentingnya Peran Keluarga Dalam Dampingi Pasien Kanker"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)